Selasa, 29 November 2022
Sekolah Menengah Atas

VISI, MISI DAN PROKER CALON OSIS SMANAR 2022/2023

VISI, MISI DAN PROKER CALON OSIS SMANAR 2022/2023

MENGINTIP VISI, MISI DAN PROGRAM KERJA PASANGAN CALON OSIS UNTUK MASA BAKTI 1 TAHUN KEDEPAN

Editor : Abi.

(SMANAR_NEWS). Pemilihan calon ketua osis dan wakil ketua osis kembali diselenggarakan di bulan Agustus 2022 kali ini.  Pada hari ini Sabtu, 20 Agustus 2022 tepat pukul 08.30 Wita digelar Debat kandidat yang berlokasi di halaman sekolah, tepatnya di lapangan upacara. Kegiatan pemilihan calon ketua dan wakil ketua osis periode 2022/2023 yang pemungutan suaranya (Voting) akan diselenggarakan pada hari senin 22 Agustus 2022 mendatang ini diikuti oleh 3 pasangan calon (paslon).

Sebelum kegiatan voting dilaksanakan penting bagi keluarga smanar (SMAN 1 Narmada) mengetahui Visi, Misi dan Program kerja para calon yang tentunya akan menentukan nasib sekolah untuk 1 tahun ke depan.

Berdasarkan penelusuran tim jurnalis Smanar (Fira dan Tata) yang berhasil mewawancarai pasangan calon nomor  urut 1 atas nama Wayan Bagus Diki Surya Wijaya dari kelas X IIS 2 dan I Gede Devananda  Widyatna Nugraha dalam memberikan penjelasan mengenai Visi, Misi dan Program Kerjanya sebagai berikut :

Visi  : “Kreatif aktif dan solidaritas”

Misi : 1). Meningkatkan kreativitas dan minat bakat melalui program kerja yang sesuai. 2). Membantu sekolah dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. 3). Menciptakan suasana nyaman pada warga sekolah dengan program OSIS yang terlaksana. 4). Menjalin solidaritas kepada anggota OSIS lainnya.

Paslon ini memiliki motivasi Ingin menambah pengalaman dan ingin lebih memajukan SMAN 1 narmada . Menurut paslon 1 ini, mereka akan melakukan program kerja mengembangkan potensi bakat siswa siswi SMAN 1 Narmada dengan mengadakan pentas seni budaya setiap bulannya dan melakukan pendisiplinan siswa setiap harinya terutama pada hari senin saat Upacara Bendera.

Sebelumnya paslon 1 sudah merencanakan mengikuti pemilihan calon ketua dan wakil ketua osis ini sejak masih duduk di bangku kelas 3 SMP dan mereka semakin memantapkan keinginan tersebut saat masuk di bangku SMA. Menurut pasangan ini, Saingan terkuat yang dirasakan pada debat kali ini adalah pasangan calon nomor 3 dikarenakan paslon nomor 3 ini lebih mendominasi jalannya debat dan terlihat lebih banyak pendukungnya.

Menurut diki dan devan sebagai paslon 1 seandainya mereka tidak terpilih menjadi ketua dan wakil ketua priode 2022/2023 maka mereka akan menggabung visi misi para paslon lain menjadi satu dengan paslon yang terpilih dan akan menjalankan semua visi misi tersebut dengan bantuan seluruh warga SMANAR.

Prasaan para paslon 1 setelah mengikuti debat calon ketua dan wakil ketua osis tadi adalah merasa lega dan lebih tenang.

Berbeda dengan paslon nomor urut 2 atas nama “Yandika Yuda Bagas Alam dari kelas XI-MIPA.4  sebagai calon ketua osis dan Titin Diah Lestari sebagai calon wakil ketua osis  dari kelas XI-IPS.5”. Bagas panggilan akrab Calon Ketua urut 2 ini memiliki motivasi untuk mencalonkan diri sebagai ketua osis yaitu untuk mengembangkan kemampuan leadershipnya dalam lingkup organisasi yang lebih besar lagi sedangkan Titin (wakilnya) memiliki motivasi karena ingin meningkatkan pengalamannya lebih dalam lagi mengenai osis karena pengalamannya sebagai osis selama setahun ini menjadi anggota masih sangat kurang. Pasangan yang diwawancarai (Haliza dan Ollyvia) ini memaparkan visi, misi dan program yang akan dilaksanakan selama 1 tahun kedepan sebagai berikut ;

VISI “RELIGIUS DINAMIS  MOVEMENT DAN KEKELUARGAAN”. Untuk visi yang pertama Religius yakni meningkatkan hubungan personal terhadap Tuhannya masing masing, visi yang kedua Dinamis yakni cepat menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan situasi, visi ketiga Movement yang satu kesatuan dengan dinamis, movement yaitu pergerakan cepat untuk bisa menyesuaikan diri , dan visi yang terakhir Kekeluargaan yaitu suatu kondisi dimana seseorang bisa merasa sebagai satu kesatuan. Paslon ini juga memiliki program kerja yang direncanakan yang salah satunya adalah Podcast. Podcast ini sesuai dengan era generasi Z hari ini dimana perbincangan yang dibawakan dengan santai namun pembahasannya serius yang akan menjadi konsumsi public dalam melihat smanar kedepan. Rencananya podcast akan disiarkan menggunakan speaker di setiap kelas dan juga mengunggahnya di sebuah platform online yaitu spotify dan akan dilaksanakan setidaknya satu kali dalam setiap bulannya.

Demikian pula dengan Titin (wakil paslon 2) yang memiliki rencana jauh sebelumnya untuk mencalonkan diri menjadi wakil ketua osis sejak pertama kali bergabung menjadi anggota osis sedangkan Bagas belum lama ini merencakan untuk menjadi ketua osis yaitu beberapa hari sebelum dibukanya pendaftaran ketua dan wakil ketua osis 2022/2023.

Jika calon ini terpilih, maka akan mewujudkan visi sekolah dan yang berkaitan dengan program kerjanya akan tetap berlandaskan pada visi misi sekolah SMAN 1 Narmada ungkapnya. Paslon 2 ini merasa lega karena sudah melewati debat tersebut dihadapan guru dan kepala sekolah. Bahkan untuk meyakinkan Bapak/Ibu guru adalah sebuah tantangan tersendiri bagi calon ini.

Lain Calon 1 dan 2, lain pula calon pasangan dengan nomor urut 3 yang diwawancarai (Nadya dan Putri) ini. Calon ini adalah “M. Zein Fajduani (Calon Ketua) dari kelas XI-IPA.6  dan Baiq Aulia Desita (Calon wakil ketua) perwakilan dari kelas XI-IPA.5.

Menurut paslon 3, motivasinya mencalonkan diri sebagai calon ketua dan wakil ketua osis yaitu untuk melatih jiwa leadership atau jiwa kepemimpinan untuk menambah wawasan dan memiliki tanggung jawab yang besar. Menjadi siswa di Smanar ini harus betul-betul memilih ketua dan wakil yang memiliki kepemimpinan yang bisa sesuai dengan apa yang mereka ucapkan dengan apa yang mereka lakukan.

Untuk meyakinkan siswa dan semua pemilih agar berhasil terpilih menjadi ketua dan wakil ketua osis menurut paslon 3 ini harus dimulai dari diri sendiri, yaitu ketua dan wakil ketua osis yang bisa dicontoh oleh seluruh siswa. Karena mereka setidaknya harus sudah membuat contoh yang baik setidaknya pada diri pribadi siswa itu sendiri.

Berikut adalah Visi, Misi dan Program Kerja Paslon 3;

Visi: “Religius, berprestasi, berdedikasi tinggi, dan solid”.

Misi: 1). Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa SMA 1 Narmada terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kepedulian siswa terhadap OSIS khususnya dan juga SMAN 1 Narmada umumnya serta menciptakan penerus baru atau generasi muda yang berkualitas, berakhlaq mulia dan amanah. 2). Meningkatkan kegiatan2 keagamaan bagi seluruh siswa SMAN 1 Narmada. 3). Memajukan SMAN 1 Narmada serta menjadikan OSIS sebagai wadah menampung inspirasi, aspirasi, dan kreativitas siswa SMAN 1 Narmada dan juga membantu kepribadian siswa yang sopan santun, disiplin, berkarakter dan berbudaya. 4). Merealisasikan atau mengaktifkan program kerja yang sebelumnya telah ada namun belum berjalan dengan baik. 5). Meningkatkan kedisiplinan terhadap siswa SMAN 1 Narmada terutama masalah atribut kelengkapan pakaian khususnya pada hari Senin dan hari-hari lainnya. 6). Meningkatkan minat dan kreativitas siswa melalu ekstrakurikuler untuk membentuk karakter yang aktif. 7). Meningkatkan peranan OSIS dalam kinerja dan kerjasama dalam rangka menciptakan kader-kader yang mampu menunjukkan identitas dan eksistensi baik dalam akademik dan non-akademik.

Menurut paslon ini, sejak akhir kegiatan MPLS, Paslon 03 ini tertarik menyalonkan diri sebagai ketua dan wakil ketua osis, dengan berbagai perimbangan dan alasan. Antara lain, Mereka harus dan merasa bertanggungjawab dalam meneruskan organisasi OSIS ke depan. Menurut paslon ini, saingan terkuat yang dihadapi saat debat adalah Paslon nomor urut 02 yaitu Bagas dan Titin ungkapnya. Pasangan ini juga menambahkan bahwa jika mereka tidak terpilih pada pemilihan Ketua dan wakil ketua OSIS kali ini, mereka akan tetap berkontribusi terutama pada visi misi mereka, siapapun yang akan terpilih nanti mereka akan menyampaikan visi&misi mereka, mereka akan bekerjasama dan menggabungkan visi misi mereka, sama2 menjalankan program OSIS sebelumnya dan menjalankan program yang belum sempat dilaksanakan. (Izfira).