Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Atas

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) SMAN 1 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Pembukaan Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMAN 1 Narmada Tahun Pelajaran 2023/2024

Editor : Habiburrahman

Smanar_News. Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tahun ajaran 2023/2024 resmi dibuka. Seluruh peserta MPLS nampak sangat antusias menyambut pembukaan dengan turut mengundang para orang tua wali di hari pertama kegiatan pada kamis, 13 Juli 2023 kali ini. Para guru juga ikut meramaikan sekaligus ikut menonton berlangsungnya acara.

Sebelum dimulainya acara seluruh siswa-siswi MPLS, guru beserta para orang tua wali murid diminta untuk menyanyikan lagu Indonesia raya. Acara pertama adalah sambutan dari wakasek SMAN 1 Naramada (Nursinah S.Pd) selaku Ketua Panitia. Pak Nur, panggilan akrab beliau melaporkan jumlah peserta MPLS kali ini berjumlah 384 orang dengan rincian 177 orang putra dan 207 orang putri.

Sambutan berikutnya dilanjutkan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Narmada (Hulwani S.Pd.,MM). Beliau memberikan semangat untuk serius menjalankan kegiatan MPLS sebagai langkah awal memulai sekolah di SMAN 1 Narmada ini. Beliau menegaskan bahwa “sangat susah untuk masuk SMAN 1 Narmada dengan tahapan seleksi yang sangat ketat dan terbatas”. Siswa/siswi juga diingatkan untuk datang tepat waktu dan tidak boleh terlambat di hari pertama mereka masuk sekolah.

Acara selanjutnya adalah penyematan atribut sekolah. Para panitia dari OSIS SMAN 1 Narmada membagikan topi dan dasi kepada seluruh peserta MPLS yang langsung disematkan oleh Kepala Sekolah dan Koordinator Pengawas (H. LL. Supriadi, S.Pd., M.Pd.) dengan menunjuk dua orang siswa dari peserta MPLS untuk maju sebagai perwakilan penyematan atribut sebagai pertanda disahkannya menjadi peserta didik di SMAN 1 Narmada.

Selain itu, pembukaan MPLS kali ini juga dilakukan dimulai dengan pelepasan merpati oleh Ketua Komite SMAN 1 Narmada yang didampingi oleh Kepala Sekolah dan Guru serta Staff sebagai tanda bahwa wali siswa melepas anak-anak mereka untuk terbang tinggi menuju cita-citanya melalui sekolah yang menjadi idaman mereka.

Sebelum acara berakhir, panitia membuka sesi pertanyaan untuk orang tua murid seputar MPLS yang disambung dengan penampilan beberapa ekslul atau ekstrakurikuler yang turut memeriahkan kegiatan. Antara lain ekskul Pramuka, Gendang Beleq, Peresean, Tari dende inges, Capas dan yang terakhir adalah penampilan penutup dari PMR. Ekskul yang lain akan kembali menampilkan kemampuan dan pertunjukan mereka di hari berikutnya yang direncanakan akan berakhir pada hari sabtu, 15 Juli 2023 nantinya. (Ayu & Anggi).