Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Ribuan Pengunjung Tumpah Ruah Memeriahkan Bhima Night Carnival (BNC)

Bhima Night Carnival atau biasa disebut BNC merupakan acara rutin tahunan di SMAN 1 Madiun. Sesuai dengan penamaannya, BNC dilaksanakan pada sore hingga malam hari. BNC merupakan satu rangkaian dengan acara HUT SMAN 1 Madiun yang diperingati setiap tanggal 19 September. Tahun 2023 ini BNC memeringati HUT SMAN 1 Madiun yang ke-77. Dilaksanakan di halaman depan sekolah, BNC merupakan acara bazar dan carnival persembahan siswa-siswi SMAN 1 Madiun kepada masyarakat Kota Madiun dan sekitarnya. BNC adalah kegiatan yang bersifat terbuka untuk umum.


BNC merupakan sarana bagi seluruh siswa SMAN 1 Madiun menyajikan kemampuan serta perkembangan berproses dalam kegiatan ekstrakurikuler mereka kepada masyarakat. Berbagai penampilan disajikan mulai dari tradisi hingga modern. Penampilan tradisi yang disajikan seperti penampilan musik gamelan jawa dari Bhima Laras. Tarian daerah yang dipersembahkan oleh Bhima Tari Tradisional (bhitras). Seni modern yang disajikan adalah tarian modern yang sering dikenal dengan modern dance dipersembahkan oleh Bhima Dance Crew (BDC). Penampilan musik dari Bhima Band juga memeriahkan panggung BNC. Pada BNC diselenggarakan juga final pemilihan Putra-Putri Smasa dari Ikappsa. Live art performing juga menjadi salah satu penampilan persembahan Bhima Art.
Penampilan yang disajikan tak hanya pentas seni panggung, para siswa dalam momen ini juga menyelenggarakan bazar. Bazar merupakan salah satu kegiatan belajar pengembangan diri hingga bisnis siswa-siswi SMAN 1 Madiun. Bazar dalam BNC merupakan bazar tematik. Stand bazar yang dikelola oleh gabungan kelas menyajikan tema-tema adat lokal, nasional, hingga internasional. Variasi isi stand nya pun mengikuti tema yang telah dipilih. Salah satu contohnya jika ada tema Bandung atau Sunda maka para siswa menyajikan makanan minuman khas Sunda atau Jawa Barat seperti seblak, bakso aci, cireng dan lain sebagainya. Para pengunjung akan sangat dimanjakan dengan berbagai sajian mulai tontonan, suasanya yang hangat, tertib, dan ramai hingga dimanjakan lidahnya dengan berbagai kuliner yang disediakan.
Pada acara BNC tahun ini tercatat lebih dari tiga ribu orang berkunjung meramaikan acara. Semua elemen masyarakat dapat menikmati BNC yang selalu diselenggarakan SMAN 1 Madiun tiap tahunnya. Motif kehadirannyapun juga berbagai macam. Ada yang merupakan bentuk dukungan terhadap teman, saudara maupun putra-putrinya yang merupakan pelajar SMAN 1 Madiun. Ada pula yang sekedar ingin cuci mata menikmati pertunjukan, keramaian suasananya. Bahkan ada juga yang sekedar berwisata kuliner.
Harapannya penyelenggaraan BNC makin hari makin meriah dan menghibur berbaur dalam pemandangan ajang kreatifitas siswa-siswi SMAN 1 Madiun. Tak lupa BNC juga menjadi sarana sekolah mewadahi bakat putra-putrinya dalam berkarya seni serta berwirausaha agar dapat menjadi bekal yang berguna dalam menapaki dunia sosial secara nyata.
Timwebsmasa/2023