Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Pelaksanaan Bimbingan Teknis Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) dan Perangkat Mengajar Tahun Pelajaran 2023/2024 di SMA Negeri 1 Madiun

Pelaksanaan Bimbingan Teknis Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) dan Perangkat Mengajar Tahun Pelajaran 2023/2024 di SMA Negeri 1 Madiun

Madiun, TIM WEB SMASA – SMA Negeri 1 Madiun melaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) dan Perangkat Mengajar untuk tahun pelajaran 2023/2024. Acara berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 27 hingga 29 Juli 2023 pukul 08.00 – 15.00 WIB. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membekali para tenaga pendidik dengan pemahaman dan keterampilan dalam menyusun kurikulum dan perangkat pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Pada hari pertama, tepat pukul 08.00 WIB kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilantunkan oleh seluruh peserta dengan penuh khidmat. Kegiatan tersebut dibuka dengan sambutan hangat dari Plt. Kepala SMA Negeri 1 Madiun, Bapak Pramujo Budiarto, S.Pd., M.Or. Beliau menyampaikan pentingnya acara ini dalam mendukung visi dan misi sekolah dalam memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan bagi setiap peserta didik. Sambutan juga diberikan oleh Ibu Lena, M.Pd., selaku Ka.Cab Dinas Pendidikan Wilayah Madiun sekaligus secara resmi membuka acara tersebut. Beliau mengapresiasi langkah proaktif SMA Negeri 1 Madiun dalam melakukan bimbingan teknis yang dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran.

Narasumber pada hari pertama pelaksanaan bimtek ialah Bapak Ari Damari, M.Pd., yang merupakan Tim Kurikulum Dindik Propinsi Jawa Timur dan Waka Kurikulum SMAN 5 Surabaya. Beliau menyajikan berbagai inovasi dalam penyusunan TP, ATP dan Modul Ajar Fase F (Kelas X dan XII) yang diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memberikan dampak positif pada hasil belajar siswa.

Hari kedua, para peserta didik disuguhkan dengan materi yang tidak kalah menarik dari Ibu Dra. Didik Muryati, M.Pd., selaku Pengawas Pembina SMA Negeri 1 Madiun. Beliau memberikan materi tentang Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) yang menjadi bagian sangat penting dari keseluruhan proses pendidikan. Tujuan penyusunan KOSP adalah untuk memberikan pedoman bagi tenaga pendidik dalam menyelenggarakan pembelajaran yang relevan, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik serta tuntutan perkembangan zaman dan dunia kerja. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi tugas (TP/ATP/MA) perwakilan dari masing-masing MGMP SMA Negeri 1 Madiun, penjelasan teknis pelaksanaan P5 kelas X dan XI, dilanjutkan dengan pelatihan IT oleh Bapak Tri Budi Kristanto, S.Kom selaku guru TIK di SMA Negeri 1 Madiun.

Pada hari ketiga, para peserta aktif terlibat dalam kegiatan penyusunan perangkat pembelajaran dan KOSP. Di bawah bimbingan narasumber dan pendamping dari sekolah, para guru berkolaborasi dalam menyusun perangkat pembelajaran yang menarik dan inovatif untuk mengoptimalkan proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Madiun.

Semoga dengan adanya kegiatan bimtek ini SMA Negeri 1 Madiun terus berinovasi dan memberikan pendidikan yang bermutu serta menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkompeten, kreatif, dan berdaya saing di tingkat nasional maupun global.