Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

SMK Negeri 5 Pekanbaru Taja Kegiatan Perkemahan Pramuka Aktualisasi Kelas XII Tahun 2023, di Harau Valley Camp, Payakumbuh

SMK Negeri 5 Pekanbaru Taja Kegiatan Perkemahan Pramuka Aktualisasi Kelas XII Tahun 2023, di Harau Valley Camp, Payakumbuh

SMKNegeri5pekanbaru.sch.id- SMK Negeri 5 Pekanbaru taja kegiatan Perkemahan Pramuka Aktualisasi Kelas XII Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Harau Valleyy Camp, Lembah Harau, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Kegiatan perkemahan yang dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 15/12/2023 s.d dengan tanggal 17/12/2023 diikuti oleh sebanyak 18 rombel dengan 597 peserta didik dan 75 pembina pramuka. Kegiatan perkemahan dimulai dengan upacara pembukaan perkemahan yang dilaksanakan oleh gerakan pramuka inti sebagai sangga kerja kegiatan dan bekerjasama dengan koordinator kegiatan. Bertindak Kepala SMK Negeri 5 Pekanbaru, Drs. Dwi Bowo Sukmono, MM sebagai pembina upacara pembukaan kegiatan perkemahan. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah menyampaikan rasa ucapan terimakasih kepada seluruh tim kepanitiaan yang terlibat dalam rangkaian agenda tersebut.

“Terimakasih saya ucapkan kepada seluruh tim jajaran kepanitiaan yang telah ikut serta terlibat secara langsung dalam rangkaian agenda perkemahan pramuka aktualisasi SMK Negeri 5 Pekanbaru Tahun 2023 ini. Semoga niat baik kita senantiasa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT dan menjadikan momentum anak anak kita untuk senantiasa meningkatkan kedisiplinan dan kemandirian dalam terjun ke masyarakat. Saya selalu mengingatkan kepada anak anak kami untuk selalu menjaga norma norma kesantunan dan akhlak yang baik selama di Buper ini, karena kita berada di alam terbuka jauh dari rumah kita. Dengan mengucapkan bismillah, acara kegiatan perkemahan rpamuka aktualisasi kelas XII SMK Negeri 5 Pekanbaru secara resmi saya nyatakan ditutup”, Jelas Kepala SMK Negeri 5 Pekanbaru, Drs. Dwi Bowo Sukmono, MM saat memberikan sambutan upacara.

Kegiatan perkemahan dilanjutkan dengan penyuluhan penyalahgunaan narkoba dari BNN Kota Payakumbuh. Hadir dalam agenda penyuluhan penayalahgunaan narkoba dari BNN Kota Payakumbuh Bapak Gerri Willyando, AMKL didampingi oleh staff dari kantor BNN Bapak Barta, S.Ip. Dalam penyampaian materi penyalahgunaan narkoba, Gerry Willyando menyampaikan pentingnya menyelamatkan generasi muda dari penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat.

“Sebagai generasi muda, kita tentunya haru bisa menjaga harkat dan martabat keluarga untuk terhindar dari dampak negatif penyalahgunaan narkoba. Beberapa dampak penyalahgunaan narkoba yang paling menonjol adalah terasingkan dari sosial masyarakat dan menjadi pribadi yang selalu ketergantungan terhadap barang terlarang tersebut. Saya sangat berharap kepada seluruh peserta didik di usia SMK atau SMA yang sedang masa aktifnya dalam pertumbuhan, untuk dapat sebisa mungkin menjauhkan diri dari narkoba, apapun jenisnya”, Jelas Gerry Willyando, AMKL saat memberikan pemaparan materi.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan pada esok harinya, Sabtu, 16/12/2023 dengan kegiatan lintas alam. Rute yang diambil oleh pihak panitia dalam kegiatan lintas alam adalah melintasi wisata lembah harau dan masuk ke dalam hutan sebagai bentuk implementasi terhadap dasa sharma yang ke 2, yakni cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

Terlihat seluruh peserta didik sangat menikmati perjalan dalam kegiatan lintas alam dengan melintasi beberapa pos penjaagaan oleh panitia dan disuguhkan beberapa game kekompakkan kelompok atau ambalan.

Pada hari sabtu malam, panitia menggelar kegiatan penampilan pentas seni dan dilanjutkan dengan pembakaran api unggun. Beberapa lomba diadakan sebagai bentuk kompetisi positif untuk menunjukkan yang terbaik di antara yang terbaik.

Di akhir kegiatan, seluruh peserta perkemahan diarahkan untuk mengikuti bersama-sama kegiatan apel penutupan sekaligus pengumuman pemenang perlombaan kegiatan perkemahan.

Bertindak sebagai pembina apel penutupan, ketua pelakasana kegiatan, Joko Suwono, S.Pd yang  juga secara langsung mengumumkan hasil pemenang dalam kegiatan perkemahan tersbeut. Keluar kelas XII TPTU 1, dengan wali kelas Ibu Ruminah Jati, S.Pd sebagai pemenang juara 1 dalam rangkaian kegiatan perkemahan kelas XII SMK Negeri 5 Pekanbaru Tahun 2023.

Dalam penyampaian sambutan apel, Kak Joko menyampaikan harapan terbesarnya, supaya peserta didik tetap optimis dalam meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan, guru dan sahabat sebagai bentuk penempahan akhlak yang baik.

Sekitar pukul 13.00 seluruh peserta didik perkemahan, dengan sebanyak 16 bus kembali bertolak ke Kota Pekanbaru dengan selamat. Red. Jhoe.