Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke- 78 SMK Negeri 5 Pekanbaru Berlansung dengan Khidmat

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke- 78 SMK Negeri 5 Pekanbaru Berlansung dengan Khidmat

“Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkorbar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar walau panasnya peluru menembus tubuh.Tancapkan niat untuk memberikan kehidupan yang layak untuk generasi setelah kita, maka tuhan akan memberikan kemudahan dan keajaiban layaknya bambu runcing yang bisa mengalahkan senjata-senjata yang terbuat dari baja.”

SMK Negeri 5 Pekanbaru – Upacara peringtan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke- 78 di SMK Negeri 5 Pekanbaru berlangsung dengan khidmat dan tertib meskipun di tengah guyuran hujan yang sangat lebat. Upacara dimulai pada pukul 08.00 dan diikuti oleh seluruh Bapak/Ibu majelis guru SMK Negeri 5 Pekanbaru serta peserta didik. Upacara dilaksankan di lapangan upacara SMK Negeri 5 Pekanbaru dengan pelaksana ekskul Passus SMK Negeri 5 Pekanbaru. Pelaksanaan upacara di tengah guyuran hujan yang cukup deras tidak membuat peserta didik sedikitpun untuk mengulur waktu atau mundur berteduh. Mereka dengan tertib mengatur barisan sesuai dengan kelas dan jurusannya amsing-masing.

Sebagai Komandan Upacara, Jerry, mulai menyiapkan pasukan dan terlihat barisan seketika tertib dan hening untuk memulai pelaksanaan upacara. Inspektur upacara pada perayaan HUT RI Ke-78 dipimpin langsung oleh kepala SMK Negeri 5 Pekanbaru, Drs. Dwi Bowo Sukmono, MM. Proses penaikan bendera yang diiringi olh lagu kebangsaan Indonesia Raya dan group drumb band SMK Negeri 5 Pekanbaru berlangsung dengan sukses. dalam kesempatan tersebut, Kepala SMK Negeri 5 Pekanbaru menyampaikan pidato dari Gubernur Riau, Arsya Djuliandi Rachman.

“Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-73 untuk kita semua. Terimakasih saya ucapkan kepada pelaksana upacara dari Passus yang telah sukses melangsungkan upacara ini dengan baik dan tertib. Perlu saya sampaikan bahwa para pejuang kita telah memperjuangkan kemerdekaan ini dengan cucuran darah dan hujan peluru yang berkali kali menembus dada mereka. Pada pagi hari ini kita mendapatkan rahmat dengan turunnya hujan di hari kemerdekaan ini. Semoga dengan peringatan HUT RI Ke-78 ini dapat semakin menambah rasa cinta kita terhadap NKRI dan tentunya menambah semangat juang kita dalam memperbaiki karakter”, jelas kepala SMK Negeri 5 Pekanbaru, Drs. Dwi Bowo Sukmono, MM pada saat memberikan sambutan.

Di celah celah kegiatan upacara peringatan HUT RI Ke- 78, Kepala SMK Negeri 5 Pekanbaru juga memberikan sertifikat penghargaan kepada seluruh wakil kepala sekolah yang telah mutasi jabatan tahun pelajaran 2023/2024. Adapun wakil kepala sekolah tersebut adalah Tejo Mulyanto, S.Pd yang menjabat sebagai Waka Kurikulum, hamidi, S.Ag  yang pernah menjabat sebagai Waka Kesiswaan, Rizon effendy, S.Pd, M.Eng yang pernah menajbat sebagai Waka Sarana dan Prasarana serta Osfioza, S.Pd yang pernah menjabat sebagai Waka Humas Tahun Pelajaran 2023/2024

Di akhir pelaksanaan upacara peringatan HUT RI Ke- 78 panitia perlombaan juga mengumumkan pemenang perlombaan yang telah dilaksanakan sehari sebelumnya. Semoga semangat dan jiwa nasionalisme semakin tertanam dalam hati para generasi penerus bangsa dan khususnya peserta didik SMK Negeri 5 Pekanbaru.Jum’at, (17/08/2023). Red. Jhoe.