Rabu, 01 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Halal Bihalal Siswa dengan Guru dan Karyawan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta

Surakarta, 17 April 2024 – Suasana kebersamaan dan kegembiraan memenuhi halaman SMA Muhammadiyah 1 Surakarta pada hari Rabu, 17 April 2024, saat siswa dan guru berkumpul untuk merayakan momen Halal Bihalal di halamam sekolah.

Acara yang dimulai pukul 07.00 pagi itu diawali dengan pembacaan ikrar oleh Alessandro, salah satu siswa yang  menjabat sebagai ketua IPM tahun ini. Dengan penuh semangat, Alessandro mengucapkan ikrar yang mengajak semua pihak untuk saling memaafkan, saling mempererat tali persaudaraan, dan berkomitmen untuk selalu mengedepankan nilai-nilai keislaman dalam segala aktivitas.

 

Setelah ikrar dari siswa, kemudian ibu kepala sekolah, Ibu Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd pun turut merespons ikrar tersebut dengan jawaban yang penuh semangat dan harapan akan masa depan yang lebih baik bagi sekolah ini. Dalam jawabannya, beliau menegaskan pentingnya kerja sama dan kesatuan dalam mencapai tujuan bersama. Beliau juga mengajak seluruh warga sekolah agar terus berusaha memperbaiki diri untuk ke depannya.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan Mauidzah Hasanah yang disampaikan oleh Ustadz Achmad Thoha, S.Ag. salah satu tenaga pendidik yang sangat dihormati di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Mauidzah Hasanah menjadi momen yang tepat untuk merenungkan makna kebersamaan, keikhlasan, serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Kegiatan Halal Bihalal tahun ini menjadi momentum penting bagi kita semua untuk merajut kembali tali persaudaraan, mempererat hubungan antarsesama, dan menguatkan komitmen untuk terus berkarya dan berprestasi,” ujar Ibu Willys selaku Waka Al Islam Sekolah.

Sebelum kegiatan diakhiri, sekolah juga memberikan reward kepada sejumlah siswa yang dapat menyelesaikan bacaan al-Qur’an selama bulan Ramadhan dan juga bagi siswa yang dengan tertib mengisi jurnal harian Ramadhan. Reward ini diberikan agar dapat memotivasi para siswa agar mereka terus berlomba-lomba dalam kebaikan.

Dengan semangat kebersamaan yang membara, kegiatan Halal Bihalal di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi juga sarana untuk memperkokoh fondasi keislaman dalam pendidikan yang dijunjung tinggi oleh sekolah ini. Semoga semangat kebersamaan ini terus terjaga dan menginspirasi setiap langkah yang akan diambil ke depannya. (Red-Ika Setiyani)