Rabu, 15 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Komunitas Belajar “PATBHE” – Pencegahan Perundungan di SMA N 4 Yogyakarta

Komunitas Belajar “PATBHE” – Pencegahan Perundungan di SMA N 4 Yogyakarta

Komunitas Patbhe kembali menyelenggarakan sharing dan belajar bersama dengan tema “Pencegahan Perundungan” yang telah dilaksanakan pada hari Jumat, 19 April 2024 dari pukul 07.30 sampai dengan 11.00 WIB. Kegiatan ini dipandu oleh ibu Ruswita Tamara Putry, M.Pd sebagai moderator dan bapak Muhammad Abdul Malik, M.Si sebagai pemateri.

Bapak Muh. Abdul Malik melalui kegiatan ini menyampaikan bahwa perundungan, perisakan atau pembulian (Inggris: bullying) memiliki pengertian sebagai suatu aksi atau tindakan yang menggunakan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain. Aksi tindak perundungan ini sendiri bisa kita temui di sekitar kita, seperti di tempat umum, di tempat kerja, bahkan di instansi pendidikan seperti sekolah. Di lingkungan sekolah, perundungan bisa terjadi antara satu teman dengan teman lainnya, atau dari guru ke siswanya, bahkan juga bisa dari siswa kepada gurunya.

Untuk membuat kegiatan komunitas belajar ini makin menarik, maka pemateri meminta bapak ibu guru peserta untuk membentuk beberapa kelompok untuk membahas hal-hal tertentu seperti pengertian serta jenis-jenis perundungan, cara pencegahannya, cara penanganannya, dan lain sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar para peserta semakin memahami tema yang di bahas.

 

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan agar setiap guru mampu untuk mencermati dan mewaspadai siswa-siswinya dari segala aksi tindak perundungan, serta berkolaborasi dengan guru-guru BK untuk menindak lanjuti bilamana suatu tindak perundungan itu sudah terlanjur terjadi dengan harapan agar baik korban bisa pulih mentalitasnya dan pelaku bisa menyadari kesalahannya serta tidak melakukannya lagi di masa-masa selanjutnya, dan membuat lingkungan belajar di SMA Negeri 4 Yogyakarta lebih kondusif dan nyaman, baik bagi siswa, guru dan semua civitas sekolah.