Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Komunitas Belajar “PATBHE” – Teknologi Pembelajaran bagian 1 di SMA N 4 Yogyakarta

Komunitas Belajar “PATBHE” – Teknologi Pembelajaran bagian 1 di SMA N 4 Yogyakarta

Komunitas Belajar Patbhe

Komunitas Patbhe kembali menyelenggarakan sharing dan belajar bersama edisi Teknologi Pembelajaran bagian 1 yang merupakan kegiatan komunitas belajar Patbhe pertama di tahun 2024 setelah sebelumnya dilaksanakan di akhir tahun 2023. Kegiatan yang telah dilaksanakan pada hari Jum’at, 19 Januari 2024 ini mengangkat tema teknologi dalam pembelajaran dengan mengutip pesan dari tokoh pendidikan Internasional George Curos “Teknologi tidak akan menggantikan Guru, tapi teknologi di tangan guru yang hebat akan menjadi transformasional”. Pemateri edisi kali ini dibersamai oleh 2 pembicara muda yang berkompeten dan telah berpengalaman dalam menerapkan teknologi dalam pembelajaran, beliau adalah Bp Efvinggo Fasya Jaya SP., S.Pd. dan Bp Dimas Kurniawan Putro, S.Pd. Adapun moderator dibersamai langsung oleh Ibu Sri Hastuti, S.Pd. yang merupakan guru Matematika di SMA 4 Yogyakarta.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan dipimpin langsung oleh Ibu Sri Hastuti, S.Pd selaku moderator, kemudian kegiatan inti langsung dimulai dengan pemateri pertama Bp Dimas Kurniawan Putro, S.Pd. Beliau mengenalkan sebuah platform digital yang sangat bermanfaat yaitu game interaktif Wordwall sebagai penunjang pembelajaran didalam kelas. Bp Dimas menceritakan pengalamannya ketika menggunakan wordwall ketika mengajar dikelas, kebetulan beliau mengampu mata pelajaran Sejarah, sehingga desain game disesuaikan dengan materi sejarah. Tidak hanya berbagi pengalaman mengajar Bp Dimas juga membuktikan bahwa keefektifan platform ini telah tertulis dalam PTK yang telah beliau susun dengan judul penggunaan wordwall untuk pembelajaran mata pelajaran Sejarah. Para audiens sangat antusias dalam mengikuti kegiatan belajar ini karena terlibat langsung dengan mencoba mempraktikkan game wordwall yang dipaparkan oleh pemateri Bp Dimas.

Pemateri selanjutnya yang mengusung tema yang sama yaitu Bp Efvinggo Fasya Jaya, SP., S.Pd menyampaikan materi yang tidak kalah seru dan menyenangkan, yaitu mengenai keberadaan teknologi AI atau Artificial Intellegence dan dampak bagi dunia pendidikan di Indonesia. Dalam pembahasan materi ini Bp Efvinggo mengajak audiens untuk berupaya terus belajar dan mengembangkan kemampuan dalam pemanfaatan teknologi didunia pendidian agar menjadi guru yang handal dan hebat dalam membersamai generasi penerus bangsa.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini harapannya setiap guru mampu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran yang menciptakan praktik belajar yang bermakna dan ikut serta mengikuti perkembangan zaman yang serba dinamis sehingga mampu menuntun dan mengarahkan peserta didik untuk menggunakan teknologi digital secara bijak dan positif.