Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

MAHASISWA, CARA MENGHUBUNGI DOSEN MELALUI CHAT YANG BAIK DAN BENAR

MAHASISWA, CARA MENGHUBUNGI DOSEN MELALUI CHAT YANG BAIK DAN BENAR

Untuk menghindari kesalahan saat menghubungi dosen, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mengirim pesan atau chat dosen secara langsung. Ada beberapa cara yang bisa mahasiswa gunakan saat ingin menghubungi dosennya secara baik dan benar. Bagaimana caranya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Perhatikan Waktu Saat Menghubungi Dosen

Cara menghubungi Dosen melalui chat yang pertama dan yang terpenting yaitu kamu wajib memperhatikan waktu kapan kamu akan menghubungi Dosen tersebut. Hibungi Dosen hanya disaat jam kerja saja, jangan sampai kamu menghubungi Dosen di Pagi hari sebelum masuk jam kerja apalagi di tengah malam atau dini hari.

Ucapkan Salam untuk Mengawali Percakapan

Cara menghubungi dosen melalui chat yang kedua yaitu ucapkanlah salam dengan benar, jangan menggunakan salam yang biasa digunakan ke sesama teman seperti “P”. Ucapkan “Assalamuallaikum Bapak/Ibu” atau “Selamat Pagi/Siang/Sore Bapak/Ibu”. Apabila kamu mengucapkan salam “Assalamuallaikum” ucapkan dengan lengkap jangan disingkat menjadi “Ass” ataupun singkatan-singkatan lainnya.

Walaupun Kamu Tidak Melakukan Kesalahan, Ucapkan “Maaf”

Setelah kamu mengucapkan salam jangan langsung to the point ke tujuan kamu menghubungi Beliau. Ucapkan “Maaf” terlabih dahulu, hal ini juga wajib karena merupakan salah satu sopan santun kepada dosen. Berikut ini contoh kalimat dari salam hingga meminta maaf terlebih dahulu.

“Assallamualaikum Bapak/ibu, Mohon maaf Pak/Bu mengganggu waktunya,”

Menyampaikan Identitas Diri yang Jelas

Sampaikan identitas diri kamu serta program studi dan jurusan anda, bukan hanya nama Anda. Perlu juga diingat bahwa karena dosen mengajar puluhan atau ratusan mahasiswa, dosen tidak dapat menyimpan nomor handphone setiap mahasiswa (kecuali mahasiswa yang menjadi ketua kelas). Oleh karena itu, setiap kali menghubungi dosen, kamu harus menyertakan identitas diri.

“Assallamuallaiukum Bapak/Ibu, mohon maaf Pak/Bu mengganggu waktunya. Saya Fadila Shely Amalia Mahasiswa Teknologi Informasi, angkatan 2017.”

Mengguankan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Gunakanlah bahasa Indonesia yang benar dan baik dalam konteks formal dan juga menggunakan tanda baca yang tepat. Hindari singkatan seperti “otw, sy, no, yang, dmn, dll”. Juga, jangan gunakan ekspresi informal seperti “aku, oke, ye, gak, dll.”

Sampaikan Keperluan dengan Singkat tapi Jelas

Dosen tidak memiliki banyak waktu luang untuk membaca chat, jadi silahkan sampaikan informasi yang ingin kamu sampaikan dengan singkat, padat dan jelas. Tidak perlu bingung dan banyak basa basi.

Assallamuallaiukum Bapak/Ibu, mohon maaf Pak/Bu mengganggu waktunya. Saya Fadila Shely Amalia Mahasiswa Teknologi Informasi, angkatan 2017, saya ingin meminta tanda tangan Bapak/ Ibu untuk KRS”

Jangan Sampai Kamu Memerintah Dosen

Jika mahasiswa ingin membuat janji dengan dosen, mahasiswa tidak perlu mengatur waktu. Biarkan instruktur yang menentukan waktunya agar mahasiswa tidak terkesan seperti memerintah. Tanyakan kapan kamu dapat menemui dosen tersebut.

Assallamuallaiukum Bapak/Ibu, mohon maaf Pak/Bu mengganggu waktunya. Saya Fadila Shely Amalia Mahasiswa Teknologi Informasi, angkatan 2017, saya ingin meminta tanda tangan Bapak/ Ibu untuk KRS, kira-kira kapan saya bisa menemui Bapak/ Ibu? ”

Tutup Percakapan dengan Mengucap Terimakasih dan Salam Penutup

Agar lebih sopan, akhiri semua pesan kepada dosen dengan mengucapka “Terima Kasih”. Ketika dosen merespon pesan anda jangan lupa untuk mengatakan “Baik Pak/Bu, Terima Kasih”.

Jadi, apabila semua di gabungkan kira kita begini ketika Anda ingin membuat janji dengan dosen :

Assallamuallaiukum Bapak/Ibu, mohon maaf Pak/Bu mengganggu waktunya. Saya Fadila Shely Amalia Mahasiswa Teknologi Informasi, angkatan 2017, saya ingin meminta tanda tangan Bapak/ Ibu untuk KRS, kira-kira kapan saya bisa menemui Bapak/ Ibu? wassallamualaikum dan terima kasih Bapak/Ibu”.

Jangan SPAM

Jangan mengirim pesan yang sama berulang-ulang. Karena akan terkesan “menggangu” bagi sang dosen. Hal Ini (mengirim pesan yang sama berulang-ulang) biasanya karena instruktur tidak menanggapi pesan mahasiswa. Tidak perlu khawatir tentang pesan siswa tidak terjawab. Dosen pasti akan menanggapi pesan tersebut. Tentu saja tidak dalam waktu singkat, tetapi terkadang instruktur baru sibuk dan akan menanggapi pesan Anda dalam 2-3 hari tergantung pada kepentingannya. Beberapa instruktur bahkan membalas pesan Anda di tengah malam dan bahkan saat fajar.

Tips tambahan yang bisa kamu terapkan yaitu jangan menggunakan voice note untuk menyampaikan tujuan kamu menghubungi dosen. Selanjutnya gunakan photo profil yang sopan pada saat kamu menghubungi dosen, alangkah lebih baik kamu tidak menggunalan photo profil daripada kamu menggunakan photo yang kurang sopan

Untuk menghindari kesalahan saat menghubungi dosen, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mengirim pesan atau chat dosen secara langsung. Ada beberapa cara yang bisa mahasiswa gunakan saat ingin menghubungi dosennya secara baik dan benar. Bagaimana caranya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Perhatikan Waktu Saat Menghubungi Dosen

Cara menghubungi Dosen melalui chat yang pertama dan yang terpenting yaitu kamu wajib memperhatikan waktu kapan kamu akan menghubungi Dosen tersebut. Hibungi Dosen hanya disaat jam kerja saja, jangan sampai kamu menghubungi Dosen di Pagi hari sebelum masuk jam kerja apalagi di tengah malam atau dini hari.

Ucapkan Salam untuk Mengawali Percakapan

Cara menghubungi dosen melalui chat yang kedua yaitu ucapkanlah salam dengan benar, jangan menggunakan salam yang biasa digunakan ke sesama teman seperti “P”. Ucapkan “Assalamuallaikum Bapak/Ibu” atau “Selamat Pagi/Siang/Sore Bapak/Ibu”. Apabila kamu mengucapkan salam “Assalamuallaikum” ucapkan dengan lengkap jangan disingkat menjadi “Ass” ataupun singkatan-singkatan lainnya.

Walaupun Kamu Tidak Melakukan Kesalahan, Ucapkan “Maaf”

Setelah kamu mengucapkan salam jangan langsung to the point ke tujuan kamu menghubungi Beliau. Ucapkan “Maaf” terlabih dahulu, hal ini juga wajib karena merupakan salah satu sopan santun kepada dosen. Berikut ini contoh kalimat dari salam hingga meminta maaf terlebih dahulu.

“Assallamualaikum Bapak/ibu, Mohon maaf Pak/Bu mengganggu waktunya,”

Menyampaikan Identitas Diri yang Jelas

Sampaikan identitas diri kamu serta program studi dan jurusan anda, bukan hanya nama Anda. Perlu juga diingat bahwa karena dosen mengajar puluhan atau ratusan mahasiswa, dosen tidak dapat menyimpan nomor handphone setiap mahasiswa (kecuali mahasiswa yang menjadi ketua kelas). Oleh karena itu, setiap kali menghubungi dosen, kamu harus menyertakan identitas diri.

“Assallamuallaiukum Bapak/Ibu, mohon maaf Pak/Bu mengganggu waktunya. Saya Fadila Shely Amalia Mahasiswa Teknologi Informasi, angkatan 2017.”

Mengguankan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Gunakanlah bahasa Indonesia yang benar dan baik dalam konteks formal dan juga menggunakan tanda baca yang tepat. Hindari singkatan seperti “otw, sy, no, yang, dmn, dll”. Juga, jangan gunakan ekspresi informal seperti “aku, oke, ye, gak, dll.”

Sampaikan Keperluan dengan Singkat tapi Jelas

Dosen tidak memiliki banyak waktu luang untuk membaca chat, jadi silahkan sampaikan informasi yang ingin kamu sampaikan dengan singkat, padat dan jelas. Tidak perlu bingung dan banyak basa basi.

Assallamuallaiukum Bapak/Ibu, mohon maaf Pak/Bu mengganggu waktunya. Saya Fadila Shely Amalia Mahasiswa Teknologi Informasi, angkatan 2017, saya ingin meminta tanda tangan Bapak/ Ibu untuk KRS”

Jangan Sampai Kamu Memerintah Dosen

Jika mahasiswa ingin membuat janji dengan dosen, mahasiswa tidak perlu mengatur waktu. Biarkan instruktur yang menentukan waktunya agar mahasiswa tidak terkesan seperti memerintah. Tanyakan kapan kamu dapat menemui dosen tersebut.

Assallamuallaiukum Bapak/Ibu, mohon maaf Pak/Bu mengganggu waktunya. Saya Fadila Shely Amalia Mahasiswa Teknologi Informasi, angkatan 2017, saya ingin meminta tanda tangan Bapak/ Ibu untuk KRS, kira-kira kapan saya bisa menemui Bapak/ Ibu? ”

Tutup Percakapan dengan Mengucap Terimakasih dan Salam Penutup

Agar lebih sopan, akhiri semua pesan kepada dosen dengan mengucapka “Terima Kasih”. Ketika dosen merespon pesan anda jangan lupa untuk mengatakan “Baik Pak/Bu, Terima Kasih”.

Jadi, apabila semua di gabungkan kira kita begini ketika Anda ingin membuat janji dengan dosen :

Assallamuallaiukum Bapak/Ibu, mohon maaf Pak/Bu mengganggu waktunya. Saya Fadila Shely Amalia Mahasiswa Teknologi Informasi, angkatan 2017, saya ingin meminta tanda tangan Bapak/ Ibu untuk KRS, kira-kira kapan saya bisa menemui Bapak/ Ibu? wassallamualaikum dan terima kasih Bapak/Ibu”.

Jangan SPAM

Jangan mengirim pesan yang sama berulang-ulang. Karena akan terkesan “menggangu” bagi sang dosen. Hal Ini (mengirim pesan yang sama berulang-ulang) biasanya karena instruktur tidak menanggapi pesan mahasiswa. Tidak perlu khawatir tentang pesan siswa tidak terjawab. Dosen pasti akan menanggapi pesan tersebut. Tentu saja tidak dalam waktu singkat, tetapi terkadang instruktur baru sibuk dan akan menanggapi pesan Anda dalam 2-3 hari tergantung pada kepentingannya. Beberapa instruktur bahkan membalas pesan Anda di tengah malam dan bahkan saat fajar.

Tips tambahan yang bisa kamu terapkan yaitu jangan menggunakan voice note untuk menyampaikan tujuan kamu menghubungi dosen. Selanjutnya gunakan photo profil yang sopan pada saat kamu menghubungi dosen, alangkah lebih baik kamu tidak menggunalan photo profil daripada kamu menggunakan photo yang kurang sopan