Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Aksi Pelestarian Lingkungan SMPN 11 Malang bersama Departemen Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah yang selanjutnya disebut Gerakan PBLHS adalah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh Sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

Pelaksanaan aksi pelestarian lingkungan di sekolah perlu dukungan dari berbagai pihak. Rabu, 1 November 2023 SMPN 11 Malang sebagai sekolah Adiwiyata Nasional menjalin kerjasama dengan Departemen Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Prof. Dr. Ir. Ussy Andawayanti, MS., IPM. dosen UB ini menyampaikan dengan adanya kolaboratif antara universitas dengan sekolah, membuktikan adanya pengabdian nyata dari bidang keilmuan yang memang mampu memberi solusi yang dibutuhkan.

Hal senada juga diutarakan oleh Dr. Ery Suhartanto, S.T., M.T bahwa kerjasama untuk Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) nanti dapat memberikan wujud nyata dan harapan mampu memberikan manfaat dan kontribusi positif dalam pelestarian lingkungan.

“Kerjasama ini menjadi awal yang baik dan semoga ke depan antara Departemen Teknik Pengairan dan SMPN 11 Malang, menghadirkan inovasi-inovasi lingkungan yang mengantarkan sekolah kami menjadi Adiwiyata Mandiri. Ini juga sebagai wujud nyata menjadikan bumi lebih baik”, ujar Drs. Ahmad Jamil, M.M selaku kepala sekolah.