Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Pelatihan Pengembangan Diri bagi Komunitas Aisyiyah UNIMMA

Pelatihan Pengembangan Diri bagi Komunitas Aisyiyah UNIMMA

Komunitas Aisyiyah Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) sebagai sarana menjalin tali silaturrahmi seluruh ibu-ibu keluarga besar UNIMMA, baik dosen, tenaga kependidikan (tendik), dan juga istri dari dosen tendik yang sudah purna tugas menyelenggarakan pertemuan rutin dua bulanan. Kali ini, Fakultas Hukum (FH) menjadi tuan rumah menggelar acara tersebut di Kampus 1 pada Jumat (7/3).

Kegiatan diawali dengan membaca Al-qur’an Surat An’ Naba yang dipimpin oleh ibu Leni Dakum, dilanjut dengan perkenalan anggota baru serta laporan kegiatan dari masing-masing seksi. Adapun puncak kegiatan diisi dengan Pelatihan Pengembangan Diri oleh Ibu Sasmiati Bambang Tjatur Iswanto, yang selain alumni FH UNIMMA juga pemilik Sekolah Pengembangan Diri SAS Center Magelang.

Materi pelatihan  meliputi : (1) manfaat  tersenyum dalam pergaulan, (2) cara duduk, berdiri,  hingga cara membawa tas dalam berbagai acara, (3) etika pergaulan untuk selalu mengucapkan kata:  tolong, maaf, terimakasih , (4) menumbuhkan rasa percaya diri dengan membangun mimpi dan yakin untuk bisa meraihnya, (5) membiasakan diri berterimakasih pada tubuh yang sudah mendukung aktivitas keseharian.  Di samping itu, penggunaan analisis SWOT dalam “Pengembangan Diri” sangat tepat, karena dapat mengetahui tentang Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang ) dan Threats ( ancaman ) sebagai bahan evaluasi diri.

Dr. Dyah Adriantini Sintha Dewi, S.H., M.Hum, Dekan FH berharap materi pelatihan yang sangat bagus  tersebut hendaknya dapat dipraktekkan dalam aktivitas keseharian warga Komunitas Aisyiyah UNIMMA untuk pengembangan potensi diri.