Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

GENERASI BEBAS BEROPINI | Pamsagaca Demokrasi

GENERASI BEBAS BEROPINI | Pamsagaca Demokrasi

Pemilihan calon presiden telat terlewati, hampir setiap hari orang orang membahas tentang Pemilihan Presiden 2024 yang lalu.

Pada tahun ini Indonesia memiliki 3 pasang capres dan cawapres yang akan dipilih secara langsung oleh warga negara Indonesia, berikut adalah nama nama calon capres dan cawapres.

Yang Pertama ada Pak Anies Baswedan beserta wakilnya Pak Muhaimin iskandar.
Di urutan Kedua ada Pak Prabowo Subianto beserta wakilnya Pak Gibran Rakabuming Raka.
Dan yang terakhir ada Pak Ganjar Pranowo beserta wakilnya Pak Mahfud Md.

Namun topik pembahasan kali ini bukan soal calon capres dan cawapres nya loh, Melainkan kita akan membahas soal demokrasi yang merupakan salah satu sikap yang diharuskan oleh Pancasila sila ke 4.

Apasih demokrasi itu? Jadi demokrasi adalah bentuk Pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak yang sama untuk pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Sebagai negara hukum, Indonesia memegang demokrasi dalam pelaksanaan proses berbangsa dan bernegara dalam penyelenggaraan sistem pemilihan umum. Nah, jadi setiap warga negara Indonesia berhak untuk memilih tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Termasuk hak pilih pada acara Pemilihan Calon Presiden dan Calon wakil Presiden yang dilaksanakan tiap 5 tahun sekali.

Gimana tanggapan kita sebagai siswa? Sebagai siswa apabila tidak memiliki hak pilih kita bisa menggunakan demokrasi dibidang lain sebagai contoh menghargai pendapat teman, atau ketika ada pemilihan ketua osis maupun ketua kelas kita bisa memberikan suara kita. Jadi demokrasi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa perlu menunggu usia 17 tahun.

Writer: Ros Mala | X pm