Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Delegasi UB Boyong Juara III KTI Agriculture Food Competition Season 15

Delegasi UB Boyong Juara III KTI Agriculture Food Competition Season 15

Kelompok mahasiswa Universitas Brawijaya lintas keilmuan kembali meraih prestasi. Kali ini, 1 dari 2 tim delegasi yang berhasil meraih Juara 3 dalam ajang Karya Tulis Ilmiah Agricultural Food Competition Season 15 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan Universitas Jenderal Soedirman, awal Maret lalu.

Delegasi AFC Season 15
Delegasi AFC Season 15

Tim pertama terdiri atas Dafa Rafi’ul Laudza, Maulidya Zahrina Qolby dan Nurfadhilah Fatikhasari dari Fakultas Peternakan, dan Mukhammad Rizal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis membawakan inovasi pembuatan bubuk yogurt sinbiotik terfortifikasi nanokalsium cangkang telur sebagai pangan fungsional suplemen kalsium dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Sedangkan tim kedua, terdiri atas Annisa Fitri dan Hanifah Hasna Thufaila dari Fakultas Ilmu Kesehatan bersama Sandrina Aulia Sari dari Fakultas Pertanian memaparkan tentang ide cookies plant-based dari tepung mocaf, bahan aktif yg fungsional dari antanan dan spirulina.

Juara III AFC Season 15
Juara III AFC Season 15

“Tema AFC Season 15 tentang “Food Technology: Optimalisasi Pangan Lokal Untuk Meningkatkan Nilai Fungsional Produk”. Kegiatan ini terdiri dari 3 babak, yaitu Abstrak, Full Paper, dan Presentasi yang diselenggarakan di Intergrated Academic Building. Selain itu juga ada field trip di PT Indesso Aroma. Dari inovasi bubuk yogurt ini, tim kami meraih Juara III di kompetisi ini, setelah mengalahkan 71 tim dari berbagai kampus di Indonesia. Dari tim ini, hanya 25 kelompok yang berhak lanjut ke babak full paper, lalu lanjut 10 tim lagi untuk babak final”, terang Rizal.

Pencapain prestasi ini, terang Rizal, tidak mudah. “Tantangannya saat pembentukan tim, berkolaborasi antar fakultas serta bimbingan dosen yang selalu memberi arahan untuk kemutakhiran karya tulis ilmiah yang dibawakan”, pungkas mahasiswa angkatan 2021 ini. (VQ)