Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

HUT RI KE-78| PUNCAK ACARA PAMSAGACA INDEPENDENT COMPETITION (PIC)

HUT RI KE-78| PUNCAK ACARA PAMSAGACA INDEPENDENT COMPETITION (PIC)

Kembali lagi bersama sobat literatur kita.. Halo pams! Disini kita akan menyajikan berita yang masih hangat-hangatnya nih. Pada pekan kemarin, seluruh warga Pamsagaca telah menyelesaikan rangkaian acara Pamsagaca Independent Competition (PIC) tanggal 16 – 18 Agustus 2023. Rangkaian acara tersebut merupakan sebuah tradisi sekolah kita, yang bertujuan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Indonesia. 

Rangkaian acara dimulai dengan kegiatan perlombaan yang diikuti seluruh siswa SMKN 1 MALANG pada tanggal 16 agustus 2023. Perlombaan yang pertama, yakni: 

  1. Lomba Ular Naga| pemain akan saling memegang pundak pemain di depannya, dan balon akan diikat di pinggang pemain terbelakang. Para pemain harus menangkap dan memecahkan balon milik lawan mainnya.
  1. Estafet Baju| pemain pertama harus memakaikan baju ke pemain berikutnya dengan cara menunduk dan memegang tangan pemain dibelakangnya, serta seterusnya berulang-ulang sampai ke finish.
  1. Makan Kerupuk| pemain harus menyeimbangkan antara ketinggian kaki dan kerupuk agar bisa memakannya.
  1. Memindahkan Gelas dengan Balon| pemain harus meniupkan balon kegelas lalu mengarahkan kepemain di belakangnya hingga selesai.
  1. Memasukkan Paku ke dalam Botol| lomba dilakukan dalam tim yang beranggotakan 4 orang, seluruh pemain berlari ke botol yang disiapkan dan berusaha memasukkan paku kedalam botolnya. Botol yang berisi paku kemudian dibawa kembali ke garis start untuk menunjukkan bahwa kelompok itu telah selesai.  

Perlombaan tersebut tentunya memberikan banyak manfaat bagi siswa/siswi SMKN 1 MALANG, yaitu menumbuhkan semangat perjuangan dalam diri siswa dan menumbuhkan rasa persaudaraan serta solidaritas yang tinggi. Seluruh rangkaian acara pada tanggal 16 agustus 2023 telah terlaksana dengan lancar. 

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78

Rangkaian Acara pun Dilanjutkan.  

Pada tanggal 17 agustus 2023. Acara di awali dengan melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih pukul 06.45 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Upacara terlaksana dengan lancar dan hikmat. Akan tetapi, kegiatan tidak berakhir begitu saja. Acara selanjutnya yaitu perlombaan bagi siswa/siswi untuk menghias tumpeng. Perlombaan ini harus diikuti oleh seluruh siswa SMKN 1 Malang, dengan hasil 1 tumpeng setiap kelasnya. Tumpeng merupakan salah satu makanan khas dari Indonesia, loh sob! Tumpeng berasal dari sebuah singkatan ‘yen metu kudu mempeng’ yang berarti ‘ketika keluar harus sungguh-sungguh semangat. Perlombaan ini dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB – 10.00 WIB. Tumpeng yang sudah selesai akan dicicipi dan akan dinilai oleh para dewan juri yang telah ditentukan. 

Hasil dari kreatifitas mereka keren-keren banget loh sobat pams. Kegiatan ini tidak berlangsung begitu saja, namun tentunya juga memberikan banyak sekali manfaat bagi para peserta yaitu dapat menumbuhkan kreativitas serta kekompakan dari masing masing kelas. 

Hasil Tumpeng Kreasi Siswa

Acara tidak berhenti di situ saja loh sob. Acara dilanjutkan pada jumat 18 Agustus 2023 yang diawali dengan melaksanakan apel pembukaan di lapangan barat. Di hari tersebut, terdapar juknis jalan sehat yang dilaksanakan di sekitar sekolah mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Pada hari itu juga terdapat bazar yang diikuti oleh perwakilan siswa siswi dari masing-masing jurusan kelas XI dan XII. Bazar tersebut menjual berbagai macam makanan yang enak dan minuman-minuman yang sangat menyegarkan.

Bayu Arnata – Dengan Caraku

Ada juga nih pertunjukan PIC dari teman-teman kita. Unjuk bakat yang pastinya keren-keren banget loh.. Ada yang menampilkan tari (Tari Ganong, Tari Sorote Lintang), Dance K-Pop, Menyanyi – Kisah Sempurna;Rayuan Perempuan Gila;Nemen;Nemu;Sisa Rasa;Dengan Caraku, Fashion Show, Pembacaan Puisi dan Kesenian Bela Diri Indonesia yaitu Pencak Silat. Mereka semua menampilkan dengan sangat percaya diri dan mengagumkan. Tak lupa pula, terdapat pembagian doorprize yang mendapatkan bermacam-macam hadiah bila beruntung, mulai dari tempat makan hingga handphone maupun power bank berisi daya 10.000mAH, sangat menarik bukan hadiahnya.. 

Seluruh rentetan acara telah selesai dilaksanakan hingga acara puncaknya, berjalan dengan lancar. Kegiatan yang panjang dan menyenangkan ini tentunya telah memberikan banyak sekali manfaat bagi seluruh warga SMKN 1 MALANG, diantaranya dapat selalu mengingatkan kepada kita seluruh perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia, selain itu dapat menumbuhkan solidaritas serta kreativitas yang tinggi bagi kita. Sampai jumpa lagi dalam pertemuan selanjutnya.. 

Oleh: Devina x MPLB 1| Devima x MPLB 1