Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

PAMSAGACA BERSHOLAWAT | MAULID NABI MUHAMMAD SAW. 1445 H

PAMSAGACA BERSHOLAWAT | MAULID NABI MUHAMMAD SAW. 1445 H

Jumat (14/10/2023) SMKN 1 MALANG melaksanakan Kegiatan Peringatan Hari Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, Bertempat di Lapangan Indoor, kegiatan ini dilaksanakan, dan diikuti Oleh Guru beserta Staf dan Seluruh Siswa/Siswi Kelas X dan XI, Tahun Pelajaran 2023/2024 Kegiatan ini berlangsung atas seizin Kepala SMKN 1 MALANG Bpk. Andri Kusdarmanto S.Pd

Penyampaian oleh Ust. M. Shoniful Hadi

Dan bertindak selaku Penceramah pada kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini adalah Ust. M. Shoniful Hadi. Adapun isi ceramahnya yaitu tentang meneladani akhlak nabi Muhammad Saw diantaranya,

“Kita dapat mengetahui bahwa meneladani sifat dan akhlak Rasulullah SAW adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengharapkan kebahagiaan di akhirat. Lalu, apa saja sifat dan akhlak Rasulullah SAW yang bisa kita teladani? Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Siddiq (Jujur)
    Siddiq artinya jujur dalam perkataan dan perbuatan. Rasulullah SAW adalah sosok yang sangat jujur, bahkan sebelum beliau diangkat menjadi rasul. Beliau dikenal dengan julukan Al – Amin (yang dapat dipercaya) oleh masyarakat Arab saat itu.
  2. Amanah (Dapat Dipercaya)
    Amanah artinya dapat dipercaya dalam menjaga amanat, tanggung jawab, dan kewajiban. Rasulullah SAW adalah sosok yang sangat amanah, baik sebelum maupun sesudah menjadi rasul. Beliau selalu menunaikan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab beliau dengan sebaik-baiknya.
  3. Tabligh (Menyampaikan)
    Tabligh artinya menyampaikan risalah Allah SWT kepada umat manusia. Rasulullah SAW adalah sosok yang sangat tabligh, karena beliau adalah utusan Allah SWT yang membawa wahyu – Nya kepada seluruh makhluk. Beliau tidak pernah menyembunyikan atau merubah apa yang diturunkan kepadanya oleh Allah SWT.
  4. Fathonah (Cerdas)
    Fathonah artinya cerdas dalam berpikir, berpendapat, dan bertindak. Rasulullah SAW adalah sosok yang sangat fathonah, karena beliau adalah orang yang diberi hikmah oleh Allah SWT. Beliau memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual yang tinggi.”

Penghujung acara maulid nabi telah selesai dan dilanjutkan dengan acara santunan anak yatim piatu.

Sumber : an-nur.ac.id
Writer: Putri X AKL 3