Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Kearifan Lokal Pembuatan Produk Batik ECOPRINT

Kearifan Lokal Pembuatan Produk Batik ECOPRINT

SPANSATA:

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sebagai opsi pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun 2022-2024. Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) terdapat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau bisa disingkat P5. Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

1. Projek terakhir bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tasikmadu dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2023 – 7 Mei 2023 dengan menggunakan sistem blok. Projek Produk Batik Ecoprint “” yang mengangkat tema “Kearifan Lokal” menciptakan kesempatan belajar siswa untuk membentuk diri sesuai Profil Pelajar Pancasila. Bertujuan untuk melatih kesehatan fisik dan mental secara berkelanjutan, projek dengan metode pembelajaran yang aktif dan berpusat pada siswa ini diharapkan memberikan pengalaman yang sangat berharga untuk siswa. Kearifan lokal adalah pendangan hidup suatu masyarakat di wilayah tertentu mengenai lingkungan alam tempat tinggal. Dalam projek terakhir ini topik yang diangkat adalah Produk Batik Ecoprint. Hal tersebut merupakan suatu kearifan lokal yang sangat kental sekali dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat jawa, ter khusus di daerah Tasikmadu. Pada produk batik ecoprint banyak sekali tahapan- tahapanan dalam pembuatannya yaitu Murid melakukan mordanting(langkah pertama) pada kain yang mau digunakan. Mendesain letak posisi media daun pada kain,mempraktekan dengan melakukannya dengan system pounding (entakan), Mempraktikkan dengan melakukan sistem steam(kukus).

SMP Negeri 1 Tasikmadu melaksanakan kegiatan P5 dimulai dengan koordinasi antara koordinator, fasilitator utama dan fasilitator pendamping. Siswa diberikan materi dan vidio tentang Pembuatan batik ecoprint Setelah diberikan materi siswa mendapatkan tugas untuk menentukan masing-masing motip dalam pembuatan batik ecoprint . Kreatifitas dan kerjasama yang baik dalam satu kelas sangat diutamakan dalam penyelesaian projek ini. Masing-masing paraga yang sudah terpilih harus bertanggung jawab sesuai dengan perannya. Penilaian dilakukan oleh bapak ibu guru juri. Batik-batik ecoprint terbaik ditampilkan pada acara fashion show puncak projek tanggal 7 Mei 2023. Seluruh siswa kelas VII bekerjasama serta bergotong royong untuk mensukseskan acara puncak projek karena disaksikan oleh siswa siswi kelas VII serta bapak ibu guru,tata usaha serta komite sekolah sebagai tamu undangan. Bapak Kepala Sekolah Drs.Teguh Jatmiko,M.Pd memberikan apresiasi atas terlaksananya projek “Produk Batik ecoprint” dengan antusias dan partisipasi siswa yang sangat bersemangat dalam pelaksanaan P5 ini. Melalui projek ini, siswa diharapkan telah mengembangkan secara spesifik tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila, yakni Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa & berakhlak mulia, gotong royong dan mandiri.