Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

SMK NEGERI 1 BULUKERTO GELAR P5BK DENGAN TEMA KEARIFAN LOKAL “MEWARISI TRADISI LELUHUR”

SMK NEGERI 1 BULUKERTO GELAR P5BK DENGAN TEMA KEARIFAN LOKAL “MEWARISI TRADISI LELUHUR”

Bulukerto 01 Maret 2024, Dalam rangka pelestarian budaya dan kearifan lokal, SMK Negeri 1 Bulukerto melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengusung tema “Mewarisi Tradisi Leluhur”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai budaya kepada generasi muda, khususnya siswa-siswi SMK Negeri 1 Bulukerto kelas X, sehingga mereka dapat menghargai, melestarikan, dan meneruskan tradisi leluhur kepada generasi yang akan datang.

Acara yang berlangsung selama 4 hari pada 26,27,29 Februari 2024 -1 Maret 2024, diisi dengan berbagai kegiatan yang meriah. Kegiatan ini tidak hanya mengasah kreativitas siswa tetapi juga meningkatkan kecintaan mereka terhadap budaya lokal. Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Bulukerto, Bapak Drs. Joko Widagdo dalam sambutannya mengatakan, “Kegiatan P5 dengan tema ‘Mewarisi Tradisi Leluhur’ ini merupakan salah satu upaya sekolah dalam mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal kepada generasi muda.

Contohnya seperti yang biasa dilakukan saat menjelang Ramadhan seperti ini masyarakat biasanya mengadakan acara Megengan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan”. Para siswa tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan P5BK. Kegiatan P5 “Mewarisi Tradisi Leluhur” di SMK Negeri 1 Bulukerto ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain dalam upaya pelestarian kearifan lokal dan tradisi leluhur di tengah arus globalisasi yang semakin kuat.