Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Kegiatan Praktik Baik Pembelajaran Berdiferensiasi 2 – Kombel PATBHE

Kegiatan Praktik Baik Pembelajaran Berdiferensiasi 2 – Kombel PATBHE

Komunitas Belajar Patbhe

Komunitas Belajar PATBHE telah melaksanakan kegiatan praktik baik dengan tema yang sama yaitu pembelajaran bediferensiasi pada hari Selasa, 12 Desember 2023. Kegiatan ini merupakan agenda rutin komunitas belajar PATBHE yang kedua setelah agenda pertama telah dilaksanakan pada bulan lalu. Kegiatan ini diikuti seluruh guru dan karyawan di ruang AVA SMA Negeri 4 Yogyakarta. Pemateri pada edisi II praktik baik pembelajaran bediferensiasi ini adalah Bapak Imam Mutakhim, S.Pd I., M.Pd. dan Ibu Nurina Dian Parahita, S.Pd.

Bapak Imam Mutakhim, S.Pd. I., M.Pd. sebagai pemateri pertama menyampaikan penerapan pembelajaran diferensiasi dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tentang praktik nikah yang mana praktik tersebut dapat membuka ruang kolaborasi antarmapel. Sedangkan Bu Nurina Dian Parahita, S.Pd. menyampaikan contoh praktik pembelajaran diferensiasi pelajaran seni budaya (seni musik) berupa ansambel.

Kegiatan ini bertujuan menjadi sarana guru mengidentifikasi tantangan pengembangan komunitas belajar profesional di sekolah. Tantangan guru dapat dihadapi dengan penerapan praktik baik pada pembelajaran diferensiasi dengan mengakomodasi kebutuhan siswa. Kebutuhan dapat berupa gaya, belajar, minat, dan pemahaman terhadap mata pelajaran.

Dengan kegiatan ini harapannya seluruh guru dapat menyajikan pembelajaran yang berdiferensiasi sesuai mapel yang diampu sehingga muatan materi yang bermakna dapat terserap dengan baik oleh peserta didik.