Sabtu, 27 April 2024
Bimbingan Belajar

Asesmen Akhir Sekolah (ASS) Membangkitkan Asa

Asesmen Akhir Sekolah  (ASS) Membangkitkan Asa

Asesmen akhir sekolah Jenjang SMA dilaksankan Maret 2024 secara serentak kedati dengan waktu dan tanggal yang berbeda-beda untuk setiap satuan pendidikan. AAS di SMA Vianney dilaksanakan mulai hari Rabu, 6 Maret s/d 15 Maret 2024 moda CBT (Computer Based Test). Kegiatan ujian akhir untuk kelas 12 terdiri dari ujian teori dan ujian praktik. Di SMA Vianney Jakarta ujian praktik dilaksanakan setelah ujian teori yakni tanggal 25 Maret s/d 5 April 2024.

Beberapa tujuan dan harapan dari asesmen ini antara lain:

1. Memberikan gambaran tentang sejauh mana siswa telah menguasai materi pelajaran dan keterampilan yang diajarkan selama masa sekolah di SMA Vianney.

2.Memberikan informasi yang berguna bagi siswa, guru, orang tua, dan lembaga pendidikan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa. Asesmen akhir sekolah menengah atas memiliki makna yang penting dalam mengevaluasi pencapaian siswa selama masa pendidikan mereka. Hasil dari asesmen ini dapat memberikan gambaran tentang sejauh mana siswa telah menguasai materi pelajaran dan keterampilan yang diajarkan selama masa sekolah menengah atas.

3. Hasil asesmen ini dapat digunakan sebagai dasar untuk merencanakan program pengembangan diri siswa di masa depan.

4. Asesmen akhir sekolah jg sangat penting untuk evaluasi diri guru dan kinerjanya.

5.Asesmen akhir sekolah menentukan kelulusan

6. Asesmen akhir jg berperan penting untuk perguruan tinggi atau jalur pendidikan lanjut yang diharapkan.

7. Hasil asesmen ini dapat membantu siswa untuk mengevaluasi minat, bakat, dan potensi mereka sehingga dapat membuat keputusan yang tepat mengenai langkah selanjutnya setelah lulus dari sekolah menengah atas. Melanjutkan pendidikan ke Perguruan tinggi atau langsung memasuki dunia kerja / karier.

 Akhirnya, tepat seperti yang dikatakan tokoh pendidikan John Dewey “bagaimana evaluasi pembelajaran dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa dan mengarahkan mereka menuju pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik”.