Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

SEMARAK PERINGATAN HARI PRAMUKA TAHUN 2023 MTs NEGERI 1 TEMANGGUNG

HUMAS ǁ Penulis: Ato’ Farid ǁ Selasa, 15 Agustus 2023

Temanggung_Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 diperingati meriah oleh anggota pramuka penggalang Pangkalan MTs Negeri 1 Temanggung pada Minggu-Senin, 13-14 Agustus 2023. Mengusung tema “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Profesional”, peringatan ini disemarakkan dengan banyak kegiatan yang diikuti oleh anggota penggalang kelas VII, VIII dan IX.

Semarak peringatan Hari Pramuka itu sendiri dimulai hari Minggu siang (13/8/2023), anggota penggalang kelas VII, Dewan Galang kelas VIII dan Dewan Kerja kelas IX oleh kakak-kakak pembina diarahkan mengikuti “Perkemahan Ulang Janji” dalam rangka Pengembangan Karakter Anggota Pramuka Gugus Depan 057/058 Pangkalan MTs Negeri 1 Temanggung.

Adapun di hari Senin (14/8/2023), dilaksanakan upacara bendera peringatan Hari Pramuka ke-62 tahun 2023, bertempat di lapangan olahraga madrasah. Dalam sambutannya, Ka Mabigus, Kak Muchanif selaku pembina upacara menyampaikan, “Pramuka merupakan gerakan bagi anak muda yang siap untuk berkarya. Kegiatan pramuka bertujuan positif dan mulia sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Kegiatan pramuka diniatkan agar anggotanya bermental, bermoral dan berbudi pekerti luhur. Gerakan pramuka selalu mendidik secara professional, berkualitas, terampil dan diharapkan untuk selalu semangat bekerja.”

Foto: Ka Mabigus, Kak Muchanif  menyerahkan Album Kegiatan Pramuka yang diterima oleh Kepala Perpustakaan, Kak Gunawan.

Setelah upacara berakhir, Ka Mababigus menyerahkan “Album Kegiatan Pramuka” setahun terakhir untuk selanjutnya  diserahkan kepada Kepala Perpustakaan MTs Negeri 1 Temanggung, Kak Gunawan. Hasil konfirmasi admin kepada salah satu kakak pembina, Kak Joko Mulyono, maksud dan tujuan Album Dokumentasi Kegiatan ini dibuat “Karena sadar  dokumentasi itu penting dan sebagai bahan evaluasi program pada tahun mendatang”. Kemudian Ka Mabigus didampingi koordinator pramuka, Kak Sri Susiati,  memotong kue yang menandai Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 dengan iringan musik dan drumband dari anggota pramuka penggalang.

Foto: Ka Mabigus, Kak Muchanif didampingi koordinator pramuka Kak Sri Susiati memotong kue menandai Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023

Kegiatan diteruskan dengan permainan di luar ruangan atau wide games bagi anggota pramuka khusus kelas VII, lomba kebersihan dan administrasi kelas bagi kelas VII,VIII dan IX (30 kelas). Lomba menghias tumpeng bagi anggota kelas VIII dan IX lalu lomba senam semaphore bagi anggota kelas VIII dan lomba PBB dasar dan variasi bagi anggota kelas IX. Karena lomba dilaksanakan serentak, keriuhan dan kemeriahan begitu menggetarkan jagat MTs Negeri 1 Temanggung. Setelah upacara penutupan pukul 14.00 WIB berakhir maka berakhir sudah semua kegiatan.

Semoga bermanfaat. (af_15.05)