Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Pangkalan SMKN 1 Minas Raih 15 Pramuka Garuda Penegak

Pangkalan SMKN 1 Minas Raih 15 Pramuka Garuda Penegak

MINAS, Pangkalan SMK Negeri 1 Minas, Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke 62 Tahun pangkalan SMK Negeri 1 Minas Gugus depan 03.041 – 042 ikut berpartisipasi pada kegiatan Upacara di Lapangan SD Negeri 03 Minas dengan khidmat pada hari Sabtu, 26 Agustus 2023.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah menerbitkan teks sambutan ketua Kwartir Nasional pada Peringatan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023. Sambutan Kwartil Nasional di bacakan oleh Kamabiran, dengan tema yakni mewujudkan sumber daya manusia yang profesional dan berwawasan kebangsaan.

Kemudian, dilanjutkan dengan dilantiknya Pramuka Garuda mulai dari Pramuka Siaga, Penggalang, sampai dengan Penegak. Berikut salah satu dokumentasi daeri kegiatan penyerahan lencana Pramuka Garuda di SDN 03 Minas Barat.

Pangkalan SMK Negeri 1 Minas mewakili 8 Putra dan 7 Putri untuk dilantik sebagai Pramuka Garuda Penegak, Kamabiran memberikan 15 Lencana kepada masing-masing adik Pramuka yang dilantik.

Saya berharap untuk adik-adik yang dilantik dapat mengamalkan ilmu-ilmu yang diperolehnya dari pengujian tiap TKK yang telah di perolehnya, dan mengajarkannya lagi ke teman-temannya dan ke adik-adik tingkatnya yang belum mendapatkan gelar Garuda Penegak.” Ujar Agustina Susilawati,S.Pd,.M.Pd,  selaku Kamabigus Pangkalan  SMK Negeri 1 Minas

Setelah acara pelantikan, dilanjutkan dengan kegiatan Bakti Pramuka Menanam pohon yang di dampingi oleh Kamabiran, Kamabigus setiap pangkalan, dan Ketua Kwarran 03 Minas beserta pengurus kwarran, tak lupa dari adik-adik Pramuka di tiap pangkalan, salah satunya adik-adik Pramuka dari SMK Negeri 1 Minas antusias dengan kegiatan positif. “Kegiatan ini sangat baik dilakukan, mengingat pohon di sekitar lingkungan sudah tidak banyak lagi. Sehingga membuat lingkungan menjadi gersang. 

Dengan adanya giat Bakti Pramuka Menanam pohon, memberikan dampak baik untuk kesehatan kedepannya, lingkungan jadi asri dan polusi udara nantinya dapat berkurang.

Kami sangat senang dan bangga bisa mengikuti kegiatan penanaman pohon, karena menanam pohon ini adalah  sebagai Upaya untuk mengurangi polusi udara. Banyak oksigen yang dapat kita dapatkan, satu pohon kita tanam akan memberikan oksigen ke ratusan orang. Kami sangat berterima kasih kepada Kwaran 03 Minas yang telah memfasilitasi kami semua dalam berpartisipasi untuk pentingnya menanam pohon, semoga kegiatan ini tetap berlanjut dan kami dari gerakan Pramuka Pangkalan SMK Negeri 1 Minas siap mensuport kegiatan Kwarran 03 Minas.