Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

UPACARA PERINGATAN ULANG TAHUN KE-78 REPUBLIK INDONESIA PADA MTs NEGERI 1 TEMANGGUNG

HUMAS ǁ Penulis: Ato’ Farid ǁ Kamis, 17 Agustus 2023

Temanggung_Upacara Bendera Peringatan Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia pada MTs Negeri 1 Temanggung, Senin (17/8/2023) pagi usai digelar. Petugas upacara yang digelar di lapangan olahraga madrasah ini terdiri atas Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA), asuhan Yuli Imam Kurniawan, S.Pd. dan Marching Band Gita Mahira dibawah asuhan Joko Mulyono. Adapun regu koor berasal dari Tim Aubade MTs Negeri 1 Temanggung.

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Wakil Kepala Madrasah Bidang HUMAS, Gunawan Prasetio, S.Pd., M.Pd. yang mewakili kepala madrasah yang mengikuti upacara bendera Tingkat Kecamatan Parakan. Dalam amanatnya, beliau membacakan teks amanat Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas, “Pagi ini, kita semua berdiri di sini, dalam upacara peringatan HUT Republik Indonesia. Ini adalah bagian dari cara kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah kemerdekaan yang saat ini dirasakan bersama. Ini juga menjadi cara kita berterima kasih kepada para pendahulu yang telah mengukir jasa bagi terbebasnya Indonesia dari cengekraman penjajah hingga bangsa ini berdaulat dan berdikari. Untuk itu, menjadi kewajiban kita untuk mengisi kemerdekaan ini dengan kinerja terbaik agar dapat terus melaju menuju Indonesia Maju.”

Seuasi upacara bendera, dilanjutkan pemotongan dan penyerahan “Tumpeng Kemerdekaan” yang diserahkan oleh pembina upacara kepada Kepala Tata Usaha MTs Negeri 1 Temanggung, Fakhrudin, S.HI. sebagai makna simbolis tentang Peringatan Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia.

Sebelum siswa meninggalkan arena upacara, dilanjutkan pengumuman-pengumuman. Pertama, regu tergiat dalam Perkemahan Ulang Janji pada hari Minggu-Senin, 13-14 Agustus 2023. Regu tergiat pertama untuk putra diraih “Regu Semut”, lalu disusul regu tergiat kedua dan ketida adalah “Regu Banteng” dan “Regu Cobra”. Adapun regu tergiat pertama untuk putrid diraih “Regu Matahari”, lalu disusul regua tergiat kedua dan ketiga adalah “Regu Tulip” dan “Regu Dahlia”.

Kedua, pemenang lomba Memperingati Hari Pramuka Ke-62 Tahun 2023. Cabang lomba kebersihan kelas 8 secara urut peringkat 1,2,dan 3 diraih oleh kelas 8H, 8B, dan 8J. Sedangkan kelas 9 diraih oleh kelas 9C, 9J, dan 9F. Untuk cabang lomba menghias tumpeng kelas VIII diraih oleh kelas VIII-J, VIII-I, dan VIII-H. Adapun kelas IX diraih oleh kelas 9B, 9C, dan 9G. Untuk cabang lomba senam semaphore kelas 8 diraih oleh kelas 8D, 8C, dan 8H. Dan untuk cabang lomba PBB dasar dan variasi diraih oleh kelas 9A, 9I, dan 9B.

Ada lagi kejuaran bersifat hiburan bagi bapak dan ibu guru yaitu “Upload Twibbon Hari Pramuka Ke-62”, secara urut diraih oleh Kak Yuridu, Kak Endang Suryani, Kak Sri Susiati, Kak Inayati, dan Kak Endah Farida. Ya ya, selamat untuk para pemenang.

Semoga bermanfaat. (af_19.45)

Sumber:

  1. kemenag.go.id
  2. Pembina pramuka MTsN 1 Temanggung.