Minggu, 05 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Pelatihan English for News Presenter di SMA Muhiska

 

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar hasil kerjasama dengan Institut Seni Indonesia (ISI Surakarta), Rabu, 24 April 2024. Kegiatan yang mengusung tema English for News Presenter dengan narasumber dosen Program Studi Film dan Televisi Institut Seni Indonesia Surakarta yaitu Doni Fajar Kurniawan, S.S., M.Si., M.Hum., dan Cito Yasuki Rahmad, S.Sn., M.Sn.

Pelatihan English for News Presenter dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta diikuti oleh 36 siswa kelas X-2 yang merupakan kelas Program Bahasa Inggris. Adapun materi English for News Presenter  meliputi: Pronounciation, Linking Technique, Stressing Technique, Breathing Management  dan Presenting News. Kegiatan dipandu oleh M. Mahmud Alhushori, S.Pd., guru Bahasa Inggris SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.

 

Sambutan yang diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd., mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan English for News Presenter. Ini merupakan kerjasama yang kedua setelah tahun lalu dengan materi English for Film Dubbing. “Untuk anak-anak agar mengikuti kegiatan secara maksimal, jika belum jelas tanyakan sejelas-jelasnya karena ini merupakan kesempatan untuk menggali potensi diri. Kembangkan potensi yang kalian miliki.” imbuhnya.

 

Materi disampakan oleh Doni Fajar Kurniawan, S.S., M.Si., M.Hum. Siswa diberi pengantar sebagai presenter, mengenal teori presenter sampai materi membaca dengan ejaan yg benar selanjutnya perekaman. Hasil rekaman yang masih kasar diolah untuk menjadikannya layak tampil di media.

Dalam kegiatan tersebut ada beberapa siswa yang sudah membuat rekaman. Sedangkan siswa yang belum sempat membuat rekaman diberi kesempatan untuk mengirimkan rekamannya selanjutnya akan diolah oleh pihak ISI yang akan ditangani oleh Cito Yasuki Rahmad, S.Sn., M.Sn., yang akan dibantu oleh dua mahasiswa ISI Surakarta yaitu Shafaa Duatirta Sari dan Yizra Putra Utama.

Dengan adanya kerjasama pelatihan English for News Presenter semoga akan muncul bibit-bibit baru presenter dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Selamat berlatih…