Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DAERAH PEDESAAN

PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DAERAH PEDESAAN

Oleh : Osza Risky Chaniago (231092200011)

1. Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Pemerintahan Desa

Pemberdayaan masyarakat di bidang pemerintahan desa mencakup semua sumber daya yang ada di pemerintahan desa seperti kepala desa, perangkat desa dan BPD. Bentuk dari pemberdayaan ini dapat berupa pelatihan, musyawarah dalam penyusunan program-program desa, koordinasi dalam pelaksanaan program-program desa, dan peningkatan kualitas kinerja di pemerintahan desa.

Ini adalah contoh pemberdayaan di daerah pedesaan pada bidang pemerintahan. Dengan adanya program pemberdayaan ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja dipemerintahan desa dalam membangun serta memajukan desa.

2. Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kelembagaan

            Program pemberdayaan masyarakat di bidang kelembagaan mencakup semua lembaga kemasyarakat yang ada di desa. Program ini bertujuan untuk membangun lembaga yang lebih terarah, produktif, dan terorganisir. Bentuk program pemberdayaan ini dapat berupa  pelatihan, penyelenggaraan kegiatan, dan peningkatan sarana/prasarana.

Ini adalah contoh pemberdayaan di daerah pedesaan pada bidang kelembagaan. Dengan adanya program pemberdayaan ini, diharapkan dapat program ini bertujuan untuk membangun lembaga yang lebih terarah, produktif, dan terorganisir.

3. Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Ekonomi

            Program pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi merupakan program pemerintah untuk meningkatkan perekonomian desa. Program ini mencakup pemberdayaan UKM, industri rumah tangga, BUMDes, kelompok tani, pasar, serta penunjang ekonomi masyarakat lainnya. Bentuk program pemberdayaan ini dapat berupa pelatihan, workshop, pemodalan/permodalan, bantuan alat produksi, peningkatan sarana/prasarana dan lain-lain

Ini adalah contoh pemberdayaan di daerah pedesaan pada bidang ekonomi. Dengan adanya program pemberdayaan ini, diharapkan dapat program ini bertujuan untuk membangun lembaga yang lebih terarah, produktif, dan terorganisir.

Selanjutnya : https://docs.google.com/document/d/1YeVLknm1vuHYkzSjsj3vEsYuh6ChfPdy/edit