Senin, 06 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Kolaborasi BAKH dan UPT LBKP Guna Tingkatkan Motivasi Penyelesaian Studi Tugas Akhir

Kolaborasi BAKH dan UPT LBKP Guna Tingkatkan Motivasi Penyelesaian Studi Tugas Akhir

Humas UNJ, Jakarta-Sebanyak 242 mahasiswa  mengikuti kegiatan peningkatan motivasi penyelesaian studi. Kegiatan yang bertajuk membangun dukungan untuk tugas akhir sukses terselenggara atas inisiasi dan kerja sama yang baik antara Biro Akademik dan Humas (BAKH) dengan Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan Konseling dan Psikologi (UPT LBKP).

Kegiatan  ini dilaksanakan dalam 2 sesi dengan rincian, peningkatan motivasi bagi jenjang D-4 dan S-1 dilaksanakan pada Rabu 24 April 2024 dan untuk jenjang S-2 dan S-3 akan dilaksanakan pada Selasa 30 April 2024 sedangkan untuk tempatnya sama yakni di Aula Bung Hatta lantai 2 Universitas Negeri Jakarta.

Acara diawali dengan laporan oleh Drs. Tri Supramiyati M.Si selaku kepala BAKH, ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang ke-2 dan karena pada tahun pertama dirasa banyak peserta yang antusias makanya program ini kami lanjutkan sehingga menjadi kegiatan rutin dari BAKH. Kegiatan ini dirasa penting untuk mendampingi para mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya dengan baik dan lancar tanpa hambatan terutama hambatan psikologis. Kami memahami bahwa  adanya masalahnya psikologis itu timbul pada masa-masa penyelesaian tugas akhir.

Prof. Sarkadi Ketika memberikan sambutan

Kami juga menginformasikan bahwa sesi kali ini akan terbagi menjadi 2 bagian. Pertama, akan ada paparan materi dan kedua akan ada diskusi oleh para fasilitator. Target acara ini merupakan mahasiswa tingkat akhir dan semester kritis, dan kami berharap yang mengikuti kegiatan hari ini dapat lulus di semester 120. Pokoknya saya tunggu kalian di wisuda semester 120, ya!.

Selanjutnya Dra. Michiko Mamesah, M.Psi selaku Kepala Divisi Konseling UPT-LBKP menyampaikan  kegiatan ini diharapkan bisa memberikan motivasi agar berpikir untuk menjadi bisa. Saya doakan semoga adik-adik dapat segera lulus untuk menggapai impian masing-masing. Saya juga mengucapkan terima kasih atas keterlibatan bantuan berbagai pihak atas terselenggarakannya kegiatan ini.

Foto ketika Mahasiswa maju ke depan untuk menuliskan hambatannya dalam menyelesaikan tugas akhir

Dalam kesempatan yang sama Prof. Dr. Sarkadi selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni selain membuka kegiatan, beliau juga menyampaikan bahwa banyak keuntungan apabila mahasiswa dengan cepat menyelesaikan studinya, manfaat pertama dirasakan langsung oleh mahasiswanya yakni tidak adanya beban bagi dirinya, rasanya plong dan tinggal mengejar mimpinya. Manfaat kedua dirasakan oleh keluarga, orang tua tidak lagi dibebani dengan membayar biaya kuliah lagi. Terakhir, manfaat buat lembaga, yakni dapat memperbagus akreditasi program studi dengan semakin banyaknya mahasiswa yang lulus tepat waktu.

Oleh karena itu kami sangat menyambut baik kegiatan ini mudah-mudahan sukses dan segera menyelesaikan studinya dan mohon untuk para fasilitator untuk membagi triknya.

Foto Prof. Mesta Limbong ketika memberikan paparan materi

Selanjutnya masuk ke acara inti yakni paparan materi oleh Prof. Mesta Limbong selaku narasumber kegiatan ini dan siang nanti akan dilanjutkan dengan agenda diskusi.