Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Cetak Sejarah! Tim SMA N 1 Kesesi Kab. Pekalongan Masuk 10 Besar Lomba Karya Ilmiah Remaja Tingkat ASEAN

Cetak Sejarah!

Tim SMA N 1 Kesesi Kab. Pekalongan Masuk 10 Besar Lomba Karya Ilmiah Remaja Tingkat ASEAN

Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 1 Kesesi kembali menorehkan prestasi. Mengusung karya tulis ilmiah dengan Judul “Rice Bran Noodle With Moringa Extract as A High Nutrient Alternatif Food” , tim yang digawangi oleh Annisa Berliana, Sad Gita dan Iftakhul Jannah, berhasil masuk ke babak Grand Final pada ajang Youth Creation 2021 tingkat ASEAN yang diselenggarakan oleh SEAMEO Recfon pada 14-15 September 2021.

Youth Creation merupakan ajang inovasi dan kreasi remaja dalam menerapkan pembelajaran berbasis STEM (sains, teknologi, teknik dan matematika) yang bertujuan untuk mengajak peserta didik Sekolah Menengah atas/ Kejuruan/ Madrasah Aliyah di Asia Tenggara untuk mengeksplor potensi dan kreatifitas dalam menyediakan solusi yang tepat dan efektif untuk mencegah masalah gizi pada remaja melalui penggunaan metode belajar STEM.

Di bawah bimbingan Bapak M. Imam Fauzi, S.Pd. Tim Smansijaya mencoba untuk memberikan salah satu solusi pada permasalahan stunting yang ada di Indonesia melalui penerapan bekatul dan ekstrak daun kelor sebagai makanan alternatif  bernutrisi tinggi dalam bentuk mie.

Tahapan seleksi

Ajang Youth Creation 2021 terdiri dari 2 tahapan. Pada tahapan pertama, peserta mengirimkan proposal penelitian dan identitas tim secara online. Di tahap ini, terseleksi 149 proposal dari 6 negara di ASEAN. Selanjutnya, proposal-proposal tersebut mengalami penjurian oleh 16 juri dari 6 negara.

Tahap kedua adalah Grand final. Sebanyak 12 proposal terbaik selanjutnya  diberikan kesempatan untuk melakukan presentasi, dengan menunjukkan purwarupa dari produk yang diteliti atau dikembangkan. Proses presentasi dilakukan secara daring dengan menggunakan zoom meeting dan dilakukan dalam Bahasa Inggris.

Bangga

Kepala SMAN 1 Kesesi, Drs. H. Eko Supriyanto mengungkapkan bahwa pencapaian tim KIR ini merupakan bukti bahwa SMAN 1 Kesesi siap bersaing dengan sekolah-sekolah lain dalam bidang prestasi baik akademik maupun non akademik. Beliau juga berharap bahwa prestasi ini akan mendorong motivasi siswa SMA N 1 Kesesi untuk terus mengkaji dan terus menorehkan prestasi tidak hanya di lingkup local bahkan juga lingkup internasional.

Sementara itu, ditemui secara terpisah, Pembina Ekstrak KIR mengungkapkan rasa senang dan bangga pada hasil yang capai oleh anak didiknya.

“Saya merasa bangga dan senang dengan pencapaian ini. Semoga dengan pencapaian ini, semakin banyak siswa SMA N 1 Kesesi yang tergerak untuk membuat karya ilmiah dan bergabung dengan Ekskul KIR. Semoga pencapaian ini tidak membuat kami berpuas diri tapi semakin termotivasi untuk menghasilkan karya yang lebih baik.”

-MIF