Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

BAKH BEKERJASAMA DENGAN UPT LBKP GELAR KEGIATAN PENINGKATAN MOTIVASI PENYELESAIAN STUDI

BAKH BEKERJASAMA DENGAN UPT LBKP GELAR KEGIATAN PENINGKATAN MOTIVASI PENYELESAIAN STUDI

Humas UNJ, Jakarta – Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Humas (BAKH) bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan Konseling dan Psikologi (UPT LBKP) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar kegiatan seminar Peningkatan Motivasi Penyelesaian Studi bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir yang bertajuk “Membangun Dukungan Untuk Tugas Akhir Sukses” untuk mahasiswa S2 di UNJ. Kegiatan ini diselenggarakan pada Selasa, 30 April 2024 bertempat di Aula Gedung Bung Hatta Lt.2, Kampus A UNJ.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dr. Ifan Iskandar selaku Wakil Rektor Bidang Akademik, Viera Adella seorang Clinical Psychologist selaku Narasumber, Dra. Tri Suparmiyati, M.Si selaku Kepala BAKH, Dr. Iriani Indri Hapsari selaku Kepala UPT LBKP, Dra. Michiko Mamesah, M.Psi selaku Kepala Divisi Konseling UPT LBKP, Korla dan Subkorla BAKH serta 130 Mahasiswa jenjang S1, S2 dan S3.

Dra. Tri Suparmiyati, M.Si dalam laporan kegiatannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi anatara BAKH dengan UPT LBKP dan merupakan kegiatan kedua pada bulan ini, yang pertama sudah diselenggarakan pada 24 April yang lalu dan rencananya hari ini dikhususkan untuk mahasiswa pascasarjana S2 dan S3, namun karena minat dari mahasiswa S1 yang tinggi maka digabung pada hari ini. Dalam kegiatan ini sebanyak 298 mahasiswa yang mendaftar, terdiri dari 2 orang mahasiswa S3, 96 mahasiswa S2, 194 mahasiswa S1 dan 6 mahasiswa D4. Kegiatan dibagi menjadi 2 sesi, dimana sesi 1 akan dipimpin oleh narasumber yang akan memaparkan materi-materi motivasi dan sesi 2 yaitu sharing dengan para fasilitator. “Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para mahasiswa mengatasi kendala psikologis yang banyak dikeluhkan oleh mahasiswa. Semoga kegiatan ini bermanfaat agar bisa lancar menyelesaikan studi tepat waktu.” tutup Tri.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Iriani Indri Hapsari dalam sambutannya menyampaikan bahwa UPT LBKP merupakan layanan bimbingan konseling dan psikologi, kami ada disini untuk membantu rekan-rekan semua. Kami memiliki psikolog internal dan eskternal untuk bisa membantu mahasiswa, dosen maupun tendik secara gratis untuk bisa membantu jalannya kehidupan di UNJ dengan baik dan lancar. Terkait dengan kegiatan ini, sudah menjadi concern UPT LBKP karena masih banyak mahasiswa yang kesulitan dalam menyelesaikan studinya.

Dr. Iriani juga menyampaikan UPT LBKP akan mengadakan kegiatan Career Fair dan Mental Health Fair pada tanggal 18-19 Mei 2024 yang bekerjasama dengan mitra perusahaan. Sebagai penutup sambutan, Dr. Iriani berharap dengan terselenggaranya kegiatan peningkatan motivasi ini dapat membantu mahasiswa untuk bisa menyelesaikan studinya tepat waktu.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Ifan Iskandar berkesempatan membuka jalannya kegiatan. Ia menyampaikan bahwa teman-teman mahasiswa yang datang menandakan bahwa sudah termotivasi. Ia mengatakan kegiatan ini terselenggara karena kami peduli dengan mahasiswa yang akan menyelesaikan studi. “Mudah-mudahan setelah mendapatkan suntikan kata-kata motivasi dari Ibu Viera, saya berharap dapat menyelesaikan studinya tepat waktu.” tutup Dr. Ifan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Viera Adella mengenai “Menguatkan Motivasi Mahasiswa” dan sesi 2 yaitu sharing dengan para fasilitator.