Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1443 H di SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1443 H di SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta

Dalam rangka memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1443 H Remais Mujahidin SMKN 2 Depok Sleman Yogyakarta menggelar 2 kegiatan yaitu; RICS#3 (Remais Islamic Competition Series#3)  dan Tabligh Akbar dengan tema ”Menjadikan Ketauladanan Nabi Muhammad SAW Sebagai Landasan Meraih Prestasi”.

Kegiatan RICS#3 (Remais Islamic Competition Series#3) merupakan kegiatan lomba keagamaan yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya oleh Remais Mujahidin SMKN 2 Depok Sleman Yogyakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 19 Oktober – 25 Oktober 2021  dan wajib diikuti oleh siswa siswi kelas 10 dan 11 SMKN 2 Depok Sleman Yogyakarta secara online.

Kegiatan Tabligh Akbar dilaksanakan  pada hari Sabtu 30 Oktober 2021 dihadiri oleh guru dan staf, sementara siswa & guru lainnya wajib mengikuti secara daring melalui streaming youtube Remais Mujahidin Stembayo. Tabligh Akbar diawali dengan penampilan spesial Hadrah Ashabul Mujahidin kemudian dilanjutkan sambutan kepala sekolah, pembina, dan ketua panitia. Adapun acara intinya yaitu tausiah dan doa oleh Uztad Habib Umar Zaky bin Abu Bakar Asegaf. Rangkaian kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H telah dilaksanakan pada tanggal 19 – 25 Oktober 2021. Rangkaian kegiatan dan pelaksanaan adalah sebagai berikut:

a. Kegiatan RICS#3 (Remais Islamic Competition Series#3) merupakan kegiatan lomba keagamaan yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya oleh Remais Mujahidin SMKN 2 Depok Sleman Yogyakarta. Lomba ini mencakup Kaligrafi, MTQ, Azan, dan Dai. Yang wajib diikuti oleh siswa-siswi oleh kelas 10 dan 11. Terdapat 39 peserta yang mendaftarkan lomba RICS.

  • 14-23 Oktober 2021 (pendaftaran) para peserta mendaftarkan di link pendaftaran yang panitia sediakan.
  • 19-25 Oktober 2021 (pengumpulan karya) para peserta mengumpulkan karyanya melalui link drive yang disediakan.
  • 28 Oktober 2021 (pengumuman juara) pengumuman juara diumumkan secara online melalui grup WhatsApp peserta RICS.
  • 29 Oktober 2021 (pembagian hadiah): pembagian hadiah dilaksanakan di Masjid Mujahidin SMK N 2 Depok Sleman berlangsung pada pukul 12.30 WIB. Pembagian hadiah diawali dengan sambutan oleh pembina KTYME I, ketua panitia, dan diakhiri dengan penyerahan hadiah untuk pemenang lomba. Setiap peserta yang mengikuti lomba mendapat e-sertifikat dan peserta yang juara mendapatkan uang dan sertifikat.

b. Acara Tabligh Akbar berlangsung pada Sabtu, 30 Oktober 2021 dimulai pukul 08.00 WIB yang berlangsung di Masjid Mujahidin SMK N 2 Depok Sleman. Acara diawali dengan penampilan spesial dari Hadrah Ashabul Mujahidin dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Agus Waluyo, M.Eng. selaku kepala sekolah SMK N 2 Depok, Muharor, S.Pd.I. selaku pembina KTYME I, dan Taufik Nur P. selaku ketua panitia. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan kalam ilahi oleh Aldo Andrian Pangestu dan tausiah dari Uztad Habib Umar Zaky bin Abu Bakar Asegaf. Adapun ringkasan tausiah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Nabi Muhammad saw adalah nabi utama (dalam hadist)
  • nabi yang pertama diciptakan Allah, tetapi nabi terakhir yang diutus oleh Allah
  • siapapun yang paling mencintai Nabi Muhammad adalah yang paling dicintai oleh Allah
  • umat yang mempunyai keutamaan dari keutamaan adalah umat Nabi Muhammad
  • barang siapa yang taat kepada Allah tetapi tidak taat kepada Rasulullah, maka batal taatnya kepada Allah
  • cinta kepada Allah dan rasulnya adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan
  • peringatan maulid Nabi Muhammad salah satu bentuk cinta kepada Nabi Muhammad saw
  • Segala sesuatu yang memuliakan Nabi Muhammad maka akan dimuliakan oleh Allah
  • Abdul Rahman bin Auf wafat dengan keadaan yang luar biasa karena telah melakukan perdagangan terbaik.
  • pesan Habib Umar Zaky
  • pelajari sejarah Nabi Muhammad maka akan menginspirasi dan sukses dunia akhirat

Kegiatan tersebut memberikan kesan bagi siswa-siswi di SMK N 2 Depok, salah satunya seperti yang diungkapkan oleh Arum Grita, “Saya berharap semoga acara Peringatan Maulid Nabi kelak dapat diikuti banyak peserta dan mampu berjalan dengan lancar dan lebih tertata lagi. Pelaksanaan kemarin sangat mengagumkan dan mampu memberikan ilmu yang sangat bermanfaat untuk generasi milenial zaman sekarang, tentang adab-adab  terhadap ajaran Islam sesuai tuntunan Rasulullah SAW”. (Nada)