Sabtu, 18 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Asesmen Bakat Minat 2023

Asesmen Bakat Minat 2023

Asesmen Bakat dan Minat (ABM) Tahun 2023 di Kelas XII SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta
Dalam konteks pendidikan modern, pemahaman akan bakat dan minat siswa menjadi kunci utama dalam membimbing mereka menuju karir yang sesuai dan memuaskan. Oleh karena itu, SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta telah menjadi bagian dari kegiatan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) yang diadakan oleh Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kemdikbudristek pada tahun 2023.

Tujuan Pelaksanaan Layanan ABM

Pelaksanaan layanan ABM di sekolah ini diarahkan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang kemampuan siswa pada bidang-bidang khusus dan minat mereka terhadap jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. Hasil dari ABM ini diharapkan dapat memberikan panduan yang berharga dalam pengambilan keputusan terkait karir dan pendidikan lanjutan.

Informasi tentang Bakat dan Minat Siswa

Pelayanan ABM di SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta akan memberikan informasi mendalam tentang bakat dan minat siswa. Hasil dari instrumen yang diujikan akan membentuk gambaran yang komprehensif mengenai potensi dan preferensi siswa. Hal ini dapat membantu sekolah dalam menyusun program pendidikan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi individu.

Pelaksanaan Kegiatan

Menyusuri jadwal yang telah ditentukan, pelaksanaan ABM di SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta dimulai pada tanggal 21 November 2023. Dalam rangka memfasilitasi seluruh siswa kelas XII, kegiatan ini diorganisir dalam dua sesi di dua lab komputer berbeda. Dengan demikian, proses asesmen dapat berjalan dengan efisien dan menyeluruh.

Kesuksesan Kegiatan

Secara umum, kegiatan ini berjalan lancar, menunjukkan tingkat kesiapan dan kerjasama yang baik antara siswa, guru, dan pihak penyelenggara. Keberhasilan pelaksanaan ABM juga mencerminkan komitmen SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta dalam memberikan layanan terbaik untuk perkembangan siswa.

Dengan adanya ABM, diharapkan siswa dapat mengenali lebih dalam potensi dan minat mereka, memudahkan proses pengambilan keputusan terkait jalur pendidikan dan karir. SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta tetap berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang holistik, mempersiapkan siswa untuk masa depan yang cerah sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.