Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

WORKSHOP MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA DAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN

WORKSHOP MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA DAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN

Implementasi kurikulum oleh satuan pendidikan harus memperhatikan ketercapaian kompetensi peserta didik pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus. Masa pandemi Covid-19 merupakan salah satu kondisi khusus yang menyebabkan ketertinggalan pembelajaran (learning loss) yang berbeda-beda pada ketercapaian kompetensi peserta didik. Untuk mengatasi ketertinggalan pembelajaran (learning loss) diperlukan kebijakan pemulihan pembelajaran dalam jangka waktu tertentu terkait dengan implementasi kurikulum oleh satuan pendidikan.

Kurikulum Merdeka Belajar merupakan suatu kurikulum pembelajaran yang mengacu pendekatan bakat dan minat siswa. Peserta didik dapat memilih materi apa saja yang ingin dipelajari sesuai bakat dan minatnya. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Untuk itulah, SMA Negeri 1 Dolopo yang merupakan salah satu sekolah yang akan menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun pelajaran 2022/2023 yang sebentar lagi akan dilaksanakan, hari ini, Senin, 13 Juni 2022 mengadakan Workshop untuk menyongsong pelaksanaan Kurikulum Merdeka sekaligus bersama-sama melakukan penyusunan perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka bagi peserta didik baru tahun pelajaran 2022/2023.

Workshop dilaksanakan di laboratorium biologi, SMA Negeri 1 Dolopo dengan narasumber utama bapak kepala SMA Negeri 1 Dolopo, Anim Hadisusanto, M.Pd. Berkenan hadir juga bapak kepala cabang dinas pendidikan wilayah, Supardi, S.H., M.Pd. serta ibu pengawas dari kantor cabang dinas pendidikan wilayah Madiun, Dra.Didik Muryanti, M.Pd. yang juga memberikan materi khusu kepada bapak ibu guru dan karyawan SMA Negeri 1 Dolopo.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dipandu oleh ibu Elmi Nurhayati, S.Pd. dan ddikuti oleh seluruh peserta workshop. Dilanjutkan dengan sambutan Kepala SMA Negeri 1 Dolopo, bapak Anim Hadisusanto, M.Pd. Menyusul sambutan dari bapak kepala cabang dinas pendidikan wilayah, Supardi, S.H., M.Pd. sekaligus membuka workshop secara resmi dan memberikan materi.

Setelah coffe break dilanjutkan materi oleh ibu pengawas dari kantor cabang dinas pendidikan wilayah Madiun, Dra.Didik Muryanti, M.Pd. dengan topik Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Beliau juga mengajak bapak ibu karyawan SMA Negeri 1 Dolopo untuk berkonsentrasi menyongsong Kurikulum Merdeka demi kualitas pendidikan yang lebih baik lagi, menyiapkan SMA Negeri 1 Dolopo untuk bersaing dengan sekolah-sekolah lain. Program guru penggerak juga beliau sampaikan untuk lebih memacu semangat bapak ibu guru SMA Negeri 1 Dolopo untuk menciptakan manusia-manusia unggul untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.