Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

ESKUL KEPUTRIAN SEBAGAI PROGRAM EDUKASI BAGI PELAJAR MUSLIMAH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KOTA TANGERANG

CIPONDOH – Kegiatan keputrian merupakan kegiatan membimbing siswi dan memperkenalkan kedudukan wanita dalam islam, akhlak atau perilaku perempuan, kesetaraan, fikih wanita, dan lain lain.

kegiatan keputrian SMK Muhammadiyah 1 Kota Tangerang ini adalah salah satu bentuk dari kegiatan kesiswaan dan bagian dari sebuah agenda siswa. Keputrian sendiri merupakan agenda siswa yang bertujuan untuk membentuk siswi-siswi menjadi siswi yang sholeha.

Kegiatan keputrian di itu wajib dilaksanakan di setiap kelas. Jadi pembina kegiatan akan menjadwalkan kegiatan keputrian setiap hari jumat tepatnya jam 11:30 atau jam 11:20 disaat siswa laki laki sedang sholat jum’at. Keputrian awalnya diadakannya diruang BK, tapi karna adanya keterbatas tempat di ruang BK, maka diputuskan untuk dilakukan dikelas.

Ema Nurlita sebagai pembina keputrian berharap bahwa dengan diadakannya kegiatan keputrian dapat menjadikan siswi yang mempunyai kepribadian yang kuat dan juga siap menjadi seorang ibu, dimana ketika menjadi seorang ibu, wanita diharuskan memiliki banyak pemahaman sebagai  bekal untuk menjadi seorang ibu.

Kegiatan keputrian juga menjadi ajang bagi para siswi untuk saling sharing ilmu dan belajar tentang hal-hal yang berhubungan dengan perempuan.

Ema Nurlita sebagai pembina keputrian menggambarkan antusias para siswi saat kegiatan keputrian diadakan “ada yang merasa senang dan yang merasa bingung. Mereka awalnya bertanya-tanya “ini ada apa bu?” tapi setelah perjalanan waktu mereka mulai paham dan ada yang bertanya tentang hal hal yang berkaitan dengan kewanitaan, jadi kita disini bisa saling sharing dan belajar”.

kegiatan keputrian minggu ini mempelajari tentang lisan, keterampilan pakaian dan kecantikan sebagai seorang wanita. Dikeputrian para siswi juga diajarkan bagaimana cara pola fikir yang baik, kecantikkan, dan menjaga lisan.

senang sekali dikarnakan bisa mengetahui bagaimana caranya menjaga lisan, menjaga pakaian dan mengetahui kecantikan di berbagai negara contohnya seperti kecantikan dari negara arab, Malaysia, korea dan lain lain.” Ucap Cinta Gysella peserta keputrian saat menjelaskan perasaanya setelah mengikuti kelas keputrian.

Reporter & Editor : Tim Jurnalistik SMK Muhammadiyah 1 Tangerang