Rabu, 07 Desember 2022
Perguruan Tinggi

UI Terima Kunjungan Universitas Jember

UI Terima Kunjungan  Universitas Jember

 

Tingkatkan Kualitas Mutu Layanan Pendidikan dan Pembelajaran, UI Terima Kunjungan Universitas Jember

Guna meningkatkan kualitas mutu layanan pendidikan dan pembelajaran pada perguruan tinggi, Universitas Indonesia (UI) menerima kunjungan dari Universitas Jember, pada Senin (21/11). Kedua perguruan tinggi tersebut membahas dan berdiskusi terkait dengan enam poin, yaitu (1) Penjaminan Mutu, (2) Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, (3) Pengembangan SDM (pendidik dan tenaga pendidik), (4) Pengembangan Kewirausahaan dan Karir, (5) Kemitraan Global (Urusan Internasional), dan (6) Konseling dan Disabilitas.

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Dra. Amelita Lusia, M.Si., menyambut baik kunjungan tersebut dengan memperkenalkan delegasi-delegasi dari Universitas Indonesia (UI) yang hadir pada kesempatan tersebut. Dalam sambutannya, Amelita menyampaikan terkait dengan mahasiswa disabilitas di UI.  “Tahun ini, Universitas Indonesia (UI) menerima mahasiswa ODD (Orang Dengan Disabilitas) melalui UTBK SBMPTN meningkat 2 orang dibanding tahun sebelumnya; yaitu 33 orang (2021) menjadi 35 orang (2022). Ujian dilaksanakan di salah satu fakultas di UI, yaitu di Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM). Selain itu di lingkungan UI dan fakultas, kami telah menyediakan berbagai sarana dan prasarana untuk ODD dan pendampingan; baik untuk mahasiswa maupun yang berkunjung di UI. Sementara itu, Pusat Kajian Disabilitas juga telah tersedia di UI,” ujar Dra. Amelita.

Sementara itu, Sekretaris 1 LP3M Universitas Jember, Ns. Tantut Susanto, M. Kep, Sp. Kep. Kom, Ph.D menyampaikan, pertemuan ini untuk benchmark terkait pengelolaan 6 (enam) layanan dari delegasi UNEJ yang hadir. Serta memperkenalkan kembali Universitas Jember (UNEJ) dengan visi, menjadikan Universitas Unggul dalam pengembangan sains, teknologi, dan seni berwawasan lingkungan, bisnis, dan pertanian.

Bersama dengan Tantut Susanto, turut hadir Kepala Pusat Layanan Konseling dan Disabilitas, Ns. Dini Kurniawati, S. Kep., M. Kep., Sp. Kep. Mat; Anggota Pusat Penjaminan Mutu, Ns. Ira Rahmawati S. Kep., M.Kep., Sp.Kep.An; Anggota Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ns. Eka Afdi Septiyono, M.Kep; Anggota Pusat Karir, Kewirausahaan, dan Alumni, Ankardiansyah Pandu Pradana, S.P., M.Si.; Anggota Pusat Pengembangan Kurikulum, MBKM, Inovasi, Pembelajaran dan Karakter, Ratih Apri Utami, S.P., M.Si.; dan Staf Umum dan Keuangan, Diah Ambarwati, SE.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Operasional Penjaminan Mutu, Thia Jasmina, S.E., M.Sc., Ph.D. UI menyampaikan terkait monitoring dan evaluasi pengembangan pedoman atau panduan untuk penjaminan mutu MBKM. “Di BPMA UI ada 2 (dua) yaitu operasional dan perencanaan dan pengembangan, MBKM merupakan salah satu program baru di lakukan koordinasi oleh bidang 1; disitu ada Center for Independent Learning (CIL) UI. Center for Independent Learning (CIL) UI merupakan satu unit yang dibuat khusus untuk pengembanagan kurikulum pengembangan dan telah memiliki pedoman pelaksanaannya sendiri. Kami lebih kepada proses penjaminan mutu baik monitoring dan evaluasi; serta saat ini belum ada pedoman dan masih dalam proses pendiskusian bersama.” ujar Thia.

Secara umum untuk Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di UI ada 2 (dua), yaitu internal dan Eksternal. Pada SPMI internal (Program Studi dan Audit Internal Prodi) dilakukan secara level pembelajaran melalui sistem monitoring dan evaluasi setiap semester atau tahun berdasarkan mata kuliah dan dosen.

Berkaitan penjaminan mutu, monitoring dan evaluasi, alumni, dan student mobility; Thia Jasmina, menyampaikan, “Terkait mata kuliah, saat ini kami melakukan evaluasi proses pembelajaran dan hasil dari evaluasi tersebut kami sampaikan kembali kepada fakultas; berdasarkan data yang telah kami rekap, baik secara kelebihan maupun kekurangannya” kata Thia. Menambahkan terkait monitoring e-learning, Deputi Strategi Perencanaan & Pengembangan Penjaminan Mutu, Dr. Sri Redatin Retno Pudjiati, M.Si., Psikolog menjelaskan bahwa tidak semua mata kuliah masuk dalam monitoring evaluasi; pada setiap semester ganjil Strategi Perencanaan & Pengembangan Penjaminan Mutu akan meminta fakultas untuk melakukan evaluasi proses pembelajaran dari penyampaian pembelajaran yang disampaikan oleh para dosen.

Dalam mengelola informasi, data, dan strategi terkait alumni; Kasubdit Pendataan Alumni dan Tracer Study UI, Ade Solihat memberikan tanggapan “UI telah membangun sistem data tersebut secara reguler dan terintegrasi secara online sejak tahun 2010 di tingkat universitas yang menghasilkan response rate. Namun, adapun tracer study yang masih mandiri dilakukan untuk kebutuhan prodi terkait akreditasi. Saat ini kami mencoba merangkul seluruh fakultas untuk hal tersebut secara terpusat bersama. Kami dibantu oleh tenaga wiradha UI untuk mendorong penyebaran informasi ke alumni dengan metode persuasif, email, dan Whatsapp blast,” kata Ade.

Ia menambahkan bahwa dalam upaya membantu mahasiswa dan alumni terkait jenjang karir, UI menyelenggarakan berbagai pelatihan dan expo yang dapat diikuti oleh mahasiswa dan alumni.

Selain itu, Direktur SDM UI, Dr.-Ing Amalia Suzianti, S.T., M.Sc. mengatakan “Rencana pengembangan SDM di UI, tidak ada pembeda dan mendapatkan hak yang sama dalam pengembangan. Dari sisi dosen dan tendik kapabilitas, profesionalisme, dan sertifikasi profesi yang kita dorong juga; seperti pengembangan kompetensi dosen dalam proses pembelajaran, agar dosen bisa kemampuan teknologi meningkat dengan mengundang narasumber yang relevan sebagai upaya pemfasilitasan untuk pengembangan tendik atau dosen yang dilihat setiap tahunnya dari kebutuhan masing-masing direktorat,” kata Amalia.

Staf Kantor Urusan Internasional UI, Inez Rahayu juga ikut menambahkan dengan mengatakan bahwa kerja sama antarfakultas sangat penting untuk melakukan komunikasi sebagai bentuk koordinasi terkait student mobility; salah satunya adalah program pertukaran pelajar dengan melakukan pembimbingan kepada mahasiswa asing untuk beradaptasi di ruang lingkup universitas.

Turut hadir dari pihak UI dalam kunjungan tersebut, Kasubdit Pendataan Alumni dan Tracer Study UI, Ade Solihat; Kasubdit Hubungan Alumni dan Potensi Peran Serta Alumni, Beny Syaaf Jafar, S.E; Deputi Strategi Perencanaan & Pengembangan Penjaminan Mutu, Dr. Sri Redatin Retno Pudjiati, M.Si., Psikolog; Staf Outgoing Mobility, International Office UI, Rania Suhha Humairo; dan Staf Kemitraan, International Office UI, Ranie Ismidiana Sary.