Minggu, 05 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

SMAN 1 Narmada On Fire dalam Mengahadapi USBK 2023

Editor : ABI

(SMANAR_News) USBK (Ujian Sekolah Berbasis Komputer) adalah salah satu ujian sumatif yang diselenggarakan sekolah untuk siswa-siswi yang dikhususkan bagi kelas 12  dengan  menggunakan komputer. Kelas 12 SMAN 1 Narmada yang  menghadapi USBK ini telah dimulai sejak hari senin tanggal 13 Maret 2023 dan akan berakhir pada selasa, 21 Maret 2023 mendatang.

Dalam ujian kali ini, Smanar membagi waktu ujian menjadi dua sesi yaitu sesi pertama pada pukul 07.30-10.30 Wita untuk peserta ujian dengan jurusan MIPA dan sesi kedua pada pukul 10.45 -13.45 WITA untuk peserta ujian dengan jurusan IPS. Adapun kesiapan infrastruktur SMAN 1 Narmada dalam mendukung keterlaksanaan USBK ini yaitu dengan menyediakan sebanyak tiga ruangan komputer dengan masing-masing ruangan terdiri dari 30-32 unit komputer dan fasilitas lain berupa tablet untuk tiga ruangan lainnya yang terdiri dari 6 ruang kelas untuk masing-masing sesinya.

Pada hari pertama pelaksanaan USBK ini, TIM Koordinator Pengawas dari DIKBUD NTB “H.Lalu Supriadi, S.Pd., M.Pd.” turut memantau pelaksanaan Ujian Sumatif kali ini. Beliau (Mamik Sup) panggilan akrab beliau langsung melakukan monitoring yang didampingi oleh Kepala Sekolah (Hulwani, S.Pd., MM.) atas pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan SMAN 1 Narmada hingga siang hari (sesi 2) dari rangkaian ujian ini. Menurut beliau, “pelaksaan ujian sumatif kali ini sangat baik dan terpantau lancar tanpa ada gangguan sedikitpun, baik dari segi fasilitas peralatan teknis maupun non teknis. Kepengawasan juga sangat tertib dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab”.

Selain itu, “Bulan dan Haliza” ketika diwawancarai oleh tim jurnalis Smanar  menuturkan komentar yang hampir sama terkait pelaksanaan kegiatan USBK ini, ” Penyelenggaraan USBK ini sangat efektif untuk mengetahui dan menyeleksi kemampuan dan hasil belajar siswa dan siswi pada akhir tahun ini yang sekaligus menjadi nilai akhir dari semester 6 selama menjalani pendidikan selama tiga tahun bersekolah. Kami juga berharap metode USBK ini dapat dilaksanakan dengan penuh kejujuran oleh para pesertanya karena ini juga merupakan salah satu media untuk mengukur kompetensi dan kualitas sekolah kita, apabila nanti hasil nilai para pesertanya kurang, maka sekolah dapat melakukan evaluasi ataupun improve untuk kedepannya agar lebih baik lagi” ungkap mereka.

Bulan selaku siswi eligble dengan urutan pertama dari jurusan MIPA menambahkan dan membagikan tips terkait trik dan prosesnya dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian “USBK ini hanya berjarak satu hari dari ujian semester jadi saya sendiripun dituntut untuk selalu belajar lebih giat dan semangat walaupun ujian ini mengubah pola tidur saya. Saya belajar bahkan sampai begadang untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian, saya hanya tidur 2-3 jam dan karena saya sesi pagi jadi otomatis saya pulang lebih awal maka saya memilih untuk tidur terlebih dahulu baru belajar kembali. Terkait tips sih dari saya itu tergantung dari pribadi masing-masing orang jadi saran saya bagi teman-teman yaitu mencari waktu yang memang paling efektif dan efisien bagi teman- teman untuk belajar sehingga materinya mudah dimengerti” ucap Bulan mengakhiri wawancara dari tim jurnalis Smanar. (Bagas)