Minggu, 02 Juni 2024
Perguruan Tinggi

8 PEMIKIRAN KH ANWAR MUSADDAD DALAM MENCETAK GENERASI BANGSA

8 PEMIKIRAN KH ANWAR MUSADDAD DALAM MENCETAK GENERASI BANGSA

(UINSGD.AC.ID)-Kehadiran KH Anwar Musaddad di panggung sejarah Indonesia telah membawa spirit tersendiri. Ia dapat dipandang sebagai salah orang yang memiliki kontribusi besar dalam mencetak generasi bangsa. Melaiui tangan dinginnya telah lahir sejumlah ulama, ilmuwan, politikus, dan birokrat.

Kiprahnva tidak hanya di dalam negeri. Kapasitasnya sebagai tokoh juga diakui di luar negeri. Hal itu terbukti dengan tersebarnya para murid Anwar Musaddad di Tirnur Tengah, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Bahkan di antara muridnya, sebut saja misalnya, Syekh Muchsin Bachrum kemudian menjadi pemilik perusahaan penerbitan terbesar di Jedah dan Zakky Yamani diangkat oleh Kerajaan Arab Saucli sebagai Menteri Perminyakan dengan broom OPEC-nya (IAIN Sunan Gunung Djati Bandung,1999:23-24; Wawancara dengan K. H. A. Thonthowi Jauhari, Pengasuh Pontren Al-Wasilah Garut, Tanggal 17 J anuari 2015 di Garut).

Pada saat menjadi dosen di Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, Anwar Musaddad mengampu matakuliah Akhlak-Tasawuf, Hadis Ahkam, Perbandingan Agama, dan Kristologi.

Selain itu, ia aktif menjadi dosen di beberapa perguruan tinggi sebagai pengampu matakuliah Agama (Islam) dan Bahasa Arab (IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1999: 45). Aktivitas lain yang digelutinya adalah dakwah dan sosial (sebagai da’i kondang dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama).

Karena itu, mencermati gagasan dan pemikiran Anwar Musaddad tidak lepas dari bidang-bidang tersebut. Dari heuristik yang dilakukan penulis, ciri penting dari gagasan dan pemikiran Anwar Musaddad terangkum dalam delapan bidang ilmu, yaitu: (1) Ilmu Akhlak-Tasawuf, (2) Ilmu Perbandingan Agama, (3) Metodologi Pendidikan, (4) Pendidikan Keluarga, (5) Metodologi Dakwah, (6) Management dan Leadership, (7) Gagasan Pesantren Luhur, dan (8) Pendidikan Bahasa Arab.

Untuk mengetahui 8 pemikiranya dalam mencetak generasi bangsa dapat dibaca pada buku Biografi Prof. K.H. Anwar Musaddad yang disusun oleh Prof. Dr. Nina Herlina Lubis, M. S. (Ketua) dengan aggota: Dr. Wawan Hernawar; M. Ag., Dr. Ading Kusdiana, M. Hum., Miftahul Falah, M. Hum. yang diterbitkan oleh Yayasan Masyarakat Sejarawan Indonesia (YMSI) Cabang Jawa Barat, Bandung tahun 2015

Dalam Kata Pengantarnya,  Prof Nina Herlina Lubis menuliskan biografi ini dibuat dalam rangka memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Kementrian Sosial RI untuk pengusulan Alm. Prof. K.H. Anwar Musaddad sebagai pahlawan nasional.Pada bagian awal diuraikan biografi Almarhum. Kemudian pada bagian Lampiran dilengkapi pula dengan untaian foto-foto kegiatan AIm. Prof. K.H. Anwar Musaddad, termasuk foto keluarganya, yang disusun secara kronologis.

Dalam upaya penulisan buku ini, penulis banyak mendapat bantuan, baik moril maupun material. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, penulis pertama-tama mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Garut, Bapak H. Rudy Gunawan, S.H., M.H., yang telah memfasilitasi Seminar Nasional Pengusulan Pahlawan Nasional di Garut dan penerbitan buku ini. Selamat membaca!