Senin, 29 April 2024
Perguruan Tinggi

Hari Anak Nasional, Fakultas Kedokteran Universitas Jember Gandeng RSUD Waru Pamekasan Lakukan Operasi Bibir Sumbing Gratis untuk Anak

Hari Anak Nasional, Fakultas Kedokteran Universitas Jember Gandeng RSUD Waru Pamekasan Lakukan Operasi Bibir Sumbing Gratis untuk Anak

Pamekasan, 29 Juli 2023
Fakultas Kedokteran Universitas Jember menggandeng RSUD Waru Pamekasan, Madura dan Fatayat Nahdlatul Ulama dalam giat bakti sosial operasi bibir sumbing dan celah langit-langit dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang diselengarakan di RSUD Waru Pamekasan, Madura (29/07/2023).

dr. Ulfa Elfiah, M.Kes.,Sp.BP-RE. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember memimpin langsung kegiatan operasi tersebut. Dalam sambutannya dirinya mengatakan, langkah sosial untuk menekan terjadinya kelainan pada anak, utamanya kasus bibir sumbing perlu melibatkan banyak pihak. Pasalnya, bibir sumbing pada anak bukan hanya karena faktor fisik saja, melainkan dorongan psikologis anak memerlukan terapi pasca operasi.

dr. Ulfa Elfiah, M.Kes.,Sp.BP-RE. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember, kala sambutan di acara baksos operasi bibir sumbing di RSUD Waru Pamekasan – Madura

“Pada kasus anak dengan bibir sumbing tak hanya langkah operasi saja, melainkan apa yang harus dilakukan pasca operasi tersebut? Langkah medis dan orang tua menjadi sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak agar mereka tidak merasa beda dengan anak yang lain, hal ini untuk mendorong mereka (anak) untuk tetap memikirkan masa depan mereka,” katanya.

Pasca operasi, menurutnya banyak hal yang harus dilatih pada anak agar supaya mereka melatih otot bibirnya agar berfungsi sebagaimana mestinya, hal itu perlu terapi khusus yang tentunya peran orang tua sangat diperlukan.

“Dalam berinteraksi si anak diharapkan untuk menatap lawan bicaranya agar supaya mereka juga melatih gerak bibir dari lawan bicaranya, dan hal tersebut paling efektif menumbuhkan rasa percaya diri anak, agar mereka menggambarkan bahwa dirinya sama dengan anak lainnya,” ulasnya.

Lalu dirinya berharap, program bakti sosial tersebut harus berkelanjutan, sebab menurutnya mereka juga mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan hidup seperti layaknya anak pada umumnya.

Pada kesempatan terpisah, Dr. Nanang Suyanto, Direktur RSUD Waru Pamekasan mengatakan, Bakti Sosial tersebut pertama kali dilakukan di Pamekasan, kegiatan tersebut menurutnya sangat membatu RSUD Waru dalam hal membangun tras dengan masyarakat.

“RSUD Waru ini didirikan tepat berada jauh dari kota, hal ini untuk memfasilitasi masyarakat di wilayah yang jauh akan akses tersebut, gak perlu jauh-jauh harus ke kota besar untuk mendapatkan layanan tersebut, kami hadir ditengah-tengah mereka,” ungkapnya.

Lalu dirinya menambahkan, pada kegiatan bakti sosial kali ini sedikitnya 10 orang pasien yang akan dilakukan tindakan operasi secara gratis, mulai dari Balita hingga remaja.

Istitoah, salah satu Pasien Baksos Operasi Bibir sumbing di RSUD Waru Pamekasan

Istitoah, salah satu peserta Baksos tersebut mengungkapkan, dirinya telah menjalani operasi ke empat kalinya, dengan kondisi saat ini terlihat sempurna, namun menurutnya masih terkendala faktor suara dan gimik ketika berbicara.

“Alhamdulillah, semoga operasi kali ini bisa lebih menyempurnakan kondisi saya, namun tidak menyurutkan niat saya untuk terus beradaptasi dengan lingkungan saya,” kata gadis yang sekarang menempuh semester 4 di salah satu kampus di Surabaya ini.

Umamah Soliha, orang tua dari siti Qomariyah Umamah persiapan operasi putrinya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Umamah, orang tua pasien yang membawa balitanya yang berusia 9 bulan, menurutnya, dengan kondisi anaknya yang masih balita secara Psikologis masih belum mengerti, oleh karenanya dia memberanikan diri untuk mambawa anaknya mendapatkan layanan tersebut.

Hadir kala pembukaan Bantuan sosial tersebut diantaranya, dr. Ulfa Elfiah, M.Kes.,Sp.BP-RE. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember, Dr. Nanang Suyanto, Direktur RSUD Waru Pamekasan, Halimatus Sakdiyah, Ketua PAC Fatayat NU Waru Pamekasan, Ketua PC NU Pamekasan serta Muspika Kecamatan Waru.(is)