Minggu, 19 Mei 2024
Pondok Pesantren

Siswa Akhir KMI 2024 Hadapi Ujian Tulis Dengan Percaya Diri

Siswa Akhir KMI 2024 Hadapi Ujian Tulis Dengan Percaya Diri

GONTOR- Hasil belajar selama menjadi santri akan diuji dengan ujian tulis siswa akhir KMI yang dimulai pada Selasa, 9 Januari 2024. Selama dua pekan yang akan datang, Siswa Akhir KMI 2024 akan menghadapi 28 mata Pelajaran dengan buku sebanyak 81 eksemplar yang pernah mereka pelajari sejak kelas 1 sampai 6 KMI.

Ujian Siswa Akhir KMI diselenggarakan di dua tempat, yaitu Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) dan Gedung Olahraga. Ujian diawasi langsung oleh guru tahun ke-6 hingga guru senior sehingga suasana ujian sangat kondusif.

Sebelum memasuki ruang ujian di hari pertama, Bapak Direktur KMI K.H. Masyhudi Subari, M.A. membuka ujian ini secara resmi dan memberikan nasehat kepada seluruh Siswa Akhir KMI di depan BPPM. Beliau menyampaikan bahwasannya Siswa Akhir KMI harus percaya diri dalam menjawab soal-soal ujian, karena mereka telah belajar maksimal.

Pembukaan ujian Siswa Akhir KMI 2024 di depan Balai Pertemuan Pondok Modern oleh K.H. Masyhudi Subari, M.A.

“Di dalam ruangan ujian nanti kalian harus percaya diri karena selama ini kalian telah belajar semampu kalian. Apapun hasilnya nanti adalah kehendak Allah, yang bisa kalian lakukan sekarang adalah menjawab soal ujian dengan maksimal,” ujar K.H. Masyhudi

Dalam menghadapi ujian ini tak cukup hanya dengan belajar, tetapi kesehatan jasmani dan Rohani juga harus diperhatikan. Tak sedikit dari santri yang meningkatkan persiapan mereka dengan cara lebih mendekatkan diri kepada Allah dan juga meminum madu setiap pagi. Ini merupakan bentuk kegighan mereka dalam menghadapi ujian.

Beberapa santri belajar bersama sambil berangkat menuju ruang ujian.

“Disamping dari pada belajar, saya juga coba untuk berpuasa senin kamis, minum madu untuk menjaga Kesehatan. Karena setiap hari pasti belajar sampe dini hari bahkan bisa sampai menjelang subuh. Tidurnya siang setelah Dzuhur sampai sebelum Ashar,” ungkap salah satu Siswa Akhir KMI 2024 Syarif Taufiqurraohman kelas 6-B asal Sleman.

Ujian tulis Siswa Akhir KMI ini merupakan gelombang kedua, sedangkan gelombang pertama dengan 14 mata Pelajaran telah dilaksanakan ketika seluruh santri liburan di awal tahun. Dengan demikian, total mata pelajaran pada ujian tulis Siswa Akhir KMI adalah 42.

Suasana ujian Siswa Akhir KMI 2024 di dalam Balai Pertemuan Pondok Modern.

Maka dengan itu, kami momohon do’a dari semua pihak supaya ujian tulis Siswa Akhir KMI 2024 Integrated Generation berjalan dengan lancar dan dipenuhi keberkahan sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan, Aamiin.

(Berita: Ridzky, Foto: Nahid, Reviewer: Taufiq Affandi)

Ujian Tulis untuk Perkuat Mental dan Jiwa Spiritual Santriwati

Pembukaan Ujian Tulis, Santri PMDG Hadir Tepat Waktu

Ujian Tulis, Komunikasi Murid dan Guru Lewat Tulisan