Minggu, 28 April 2024
Perguruan Tinggi

PSMPB UAD Gelar Studium Generale Mitigasi Bencana Geologi dan Perubahan Iklim

PSMPB UAD Gelar Studium Generale Mitigasi Bencana Geologi dan Perubahan Iklim

Studium Generale Mitigasi Bencana Geologi dan Perubahan Iklim yang diselenggarakan oleh PSMPB Universitas Ahmad Dahlan (Dok. Ummi Hasanah)

Pusat Studi Mitigasi dan Penanggulangan Bencana (PSMPB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar studium generale dengan tajuk “Mitigasi Bencana Geologi dan Perubahan Iklim Dampaknya pada Bidang Kesehatan” pada Senin, 4 Maret 2024 di Ruang Amphitarium Gedung Utama UAD. Acara tersebut dihadiri oleh mahasiswa UAD dan umum. Prof. Dr. M. Farid, M.S. selaku Ketua Pusat Studi Mitigasi Bencana Universitas Bengkulu didapuk sebagai pemateri.

Anang Masduki, Ph.D. selaku Kepala PSMPB UAD dalam sambutannya menyampaikan bahwa PSMPB UAD telah menjalin kerja sama dengan LSM Plan Hong Kong. “Sebelumnya juga kami telah mengadakan pelatihan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Hal tersebut berkat dukungan dan ruang gerak yang diberikan untuk terus mengembangkan inovasi dan kreativitas,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UAD Prof. Dr. Muchlas, M.T. menyampaikan bahwa salah satu dari pusat perhatian UAD pada bidang sosial kemasyarakatan adalah berkaitan dengan penanggulangan bencana. “Oleh sebab itu, UAD sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah ’Aisyiyah (PTMA) di dalamnya menyelenggarakan pusat studi mitigasi dan penanggulangan bencana. Ini merupakan salah satu wujud implementasi dari perhatian Perserikatan Muhammadiyah terhadap masalah-masalah kebencanaan,” jelasnya.

“Saat ini Perserikatan Muhammadiyah memiliki lembaga penanggulangan bencana yang sudah memiliki pengakuan dan rekognisi secara generasional dan juga memiliki banyak infrastruktur yang tersebar di seluruh Indonesia. Lembaga Penanggulangan Bencana Pimpinan Pusat Muhammadiyah memiliki sebutan dalam bahasa Inggris “Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC),” lanjut Prof. Muchlas.

Lebih lanjut, hal itu menunjukkan bahwa Muhammadiyah memiliki perhatian besar pada penanggulangan bencana. “Belum lama ini kami menyelenggarakan pertemuan internasional yang bekerja sama dengan kementrian luar negeri melalui Global Forum for Climate Change,” imbuhnya.

Terakhir, UAD secara khusus berpartisipasi dalam menyelesaikan permasalahan kebencanaan. Hal lain yang menunjukkan kepedulian terhadap penanggulangan bencana ialah Fakultas Kedokteran UAD yang diorientasikan pada dokter kebencanaan. (umh)

uad.ac.id