Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Situs Web Capai 13 Juta Pengunjung, MM FEB UI Raih Penghargaan IDPBA 2021

Situs Web Capai 13 Juta Pengunjung, MM FEB UI Raih Penghargaan IDPBA 2021

Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2021 memberi penghargaan khusus kepada Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (MM FEB UI) untuk kategori Program Studi Magister Manajemen. IDPBA merupakan ajang penghargaan bergengsi bagi merek yang telah sukses membangun popularitas. Selain itu, meningkatkan aktivitas melalui media digital (internet), sehingga populer di kategori sejenisnya.

Berdasarkan hasil riset, UI berhasil meraih penghargaan tersebut karena telah menerima ulasan lebih dari 13 ribu halaman mesin pencari dan memiliki lebih dari 13 juta pengunjung situs web resmi, membuktikan bahwa program studi MM FEB UI sangat diminati.

IDPBA memberikan penghargaan kepada perguruan tinggi yang memenuhi dua kriteria penilaian akhir, yakni menerima ulasan lebih dari 10.000 halaman mesin pencari dan menempati 10 peringkat teratas di kategorinya. Penghargaan ini rutin digelar setiap tahun oleh INFOBRAND.ID bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia dan IMFocus Digimarketing Consultant Certified Google Partner. Penyelenggaraan IDPBA 2021 Fase tiga, merupakan hasil riset ke-23 yang dilakukan terhadap 150 kategori produk dan lebih dari 1.000 brand teriset pada Mei-Juli 2021.

Pada fase empat, INFOBRAND.ID, TRAS N CO, dan IMFocus Digimarketing Consultant Certified Google Partner, meneliti lebih dari 1.500 merek dari 225 kategori produk dan jasa untuk menemukan merek peraih popularitas tertinggi sepanjang setahun terakhir. Berbeda dengan penelitian sebelumnya, kini IDPBA 2021 menambahkan kategori khusus untuk perguruan tinggi dengan Program Studi Magister Manajemen di Indonesia.

Tahap awal, para penilai IDPBA fokus pada perguruan tinggi terbaik di Indonesia menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek). Lalu, mereka meneliti perguruan tinggi tersebut dengan tiga parameter penilaian Indonesia Digital Popular Brand Index, di antaranya Search Engine Based, berdasarkan ulasan dan pencarian merek rata-rata per bulan di halaman internet; Social Media Based, berdasarkan engagement Facebook, Instagram, dan Youtube; serta Website Based, berdasarkan lalu lintas situs web, kecepatan akses situs web, dan mobile user friendliness.

Pada penyerahan penghargaan yang dilaksanakan secara daring, pada Kamis (28/10), Sekretaris Program Studi MM FEB UI Yeshika Alversia, M.Sc. mewakili MM FEB UI mengucapkan terima kasih atas apresiasi penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2021