Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Pimpin Upacara Hardiknas, Rektor Ajak Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar

Pimpin Upacara Hardiknas, Rektor Ajak Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar

Pewarta: Silvia Yuliansari / Mutia H.B.
Foto: Irwan / Irah S. / Cindy D.

Editor: Mochammad Farisi
Copyright © HUMAS UNJA 2024

MENDALO,- Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang bertempat di Lapangan Belakang Gedung Rektorat UNJA Mendalo, Pada Kamis (2/5/2024). Upacara dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Jambi, Prof. Dr. Helmi., S.H., M.H.

Upacara diikuti oleh Wakil Rektor, Ketua dan anggota senat, Kepala Biro, Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, Ketua SPI, Kepala UPT, Dosen, Tenaga Pendidikan, dan Mahasiswa Universitas Jambi.

Hari Pandidikan Nasional tahun 2024 ini mengusung tema ‘Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar’.

Pada kesempatan ini, Rektor Universitas Jambi Prof. Dr. Helmi., S.H., M.H., selaku pembina upacara membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024.

” Lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan kami Kemendikbudristek, bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar, bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran, ombak kencang dan karang tinggi sudah kita lewati bersama. Kini, kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi di sekitar kita, wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar,” ungkapnya.

Kemudian Rektor mengatakan mengenai gerakan merdeka belajar bahwa sudah banyak mengalami perkembangan.

“Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas, kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya, Kita sudah menyaksikan lagi para mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus, dan kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi,” sambungnya.

Selanjutnya Dalam pidato Mendikbud yang dibacakan oleh Rektor mengatakan jalankan dan teruskan gerakan merdeka belajar agar dapat berkelanjutan.

“Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai, semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan, semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan,” tuturnya.

Diakhir Pidato Menteri mengatakan waktu yang bergulir membawa pada akhir masa pengabdian saya sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Namun, ini bukanlah titik akhir dari gerakan Merdeka Belajar, dengan penuh ketulusan, saya ucapkan terima kasih banyak atas perjuangan yang Ibu dan Bapak lakukan, dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan.