Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Hari Bela Negara Ke-75 SMA Negeri 1 Kroya

Hari Bela Negara Ke-75 SMA Negeri 1 Kroya

Dalam rangka memperingati Hari Bela Negara yang jatuh pada setiap tanggal 19 Desember. Satuan Pendidikan SMA Negeri 1 Kroya melaksanakan Upacara Bela Negara yang diikuti oleh guru dan karyawan. Kepala Sekolah yang pada kesempatan kali ini bertindak sebagai Pembina Upacara menyampaikan Amanat Presiden pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 dengan tema “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju”. Dan Ikrar Bela Negara pada upacara kali ini dibacakan oleh Waka Kesiswaan.

Bagian dari Amanat Presiden pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 bahwa : ‘Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan
Negara Kesatuan Republik Indonesia’.

Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara.