Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Peringatan Hari Ibu Ke-95 SMA Negeri 1 Kroya Tahun 2023

Peringatan Hari Ibu Ke-95 SMA Negeri 1 Kroya Tahun 2023

Peringatan Hari Ibu (PHI) di Indonesia diperingati pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Pada gelaran upacara tahun ini yang bertepatan dengan masa cuti untuk para tenaga kependidikan baik guru maupun karyawan, dengan segenap keterbatasan peserta upacara akan tetapi penyelenggaraan upacara di lingkungan satuan Pendidikan SMA Negeri 1 Kroya tetap berjalan dengan hikmat dan bermakna.

Melansir situs resmi KemenPPA tema Hari Ibu 2023 adalah “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Tema tersebut diharapkan akan memberikan inspirasi kepada semua pihak untuk terus mendukung perempuan dan menyadari pentingnya peran mereka dalam mencapai kemajuan Indonesia.

Selain itu, untuk mendukung tema utama Hari Ibu ke 95 tersebut, KemenPPA juga menetapkan empat sub tema yang berbeda. Berikut informasi sub-sub tema tersebut: ‘Perempuan Bersuara’. Subtema ini mengandung arti bahwa perempuan perlu memiliki keberanian untuk mengungkapkan aspirasi, pemikiran, dan ide-ide mereka demi kemajuan bangsa.

  1. ‘Perempuan Berdaya dan Berkarya’. Subtema ini bermakna bahwa perempuan memiliki kekuatan tidak hanya dalam hal ekonomi, melainkan juga dalam ranah sosial budaya. Serta kemampuan untuk aktif terlibat dalam pengambilan keputusan melalui karya nyata yang mereka hasilkan.
  2. ‘Perempuan Peduli’. Subtema ini menyiratkan bahwa perempuan memiliki kepedulian terhadap berbagai isu yang muncul dalam kehidupan sosial dan politik masyarakat.
  3. ‘Perempuan dan Revoulusi’. Subtema ini mengindikasikan bahwa perempuan telah aktif terlibat dan memberikan kontribusi. Dalam setiap perubahan dan dinamika yang terjadi untuk mendorong kemajuan bangsa.