Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Perluas Relasi Keilmuan, UM Perpanjang MoU dengan Universitas Ternama dari Thailand

Perluas Relasi Keilmuan, UM Perpanjang MoU dengan Universitas Ternama dari Thailand
image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) menyambut delegasi dari perwakilan Yala Rajabhat University (YRU), Thailand sekaligus penandatanganan MoU yang diselenggarakan pada Jumat (19/04) bertempat di Ruang Sidang Senat Lantai 9, Graha Rektorat UM. Dalam penerimaan delegasi ini turut dihadiri oleh Rektor UM, Wakil Rektor I, III, IV, Direktur Kantor Urusan Internasional (KUI) UM, Dekan Fakultas dan Ketua LPPM UM beserta para jajaran pimpinan UM lainnya.

Rektor UM, Prof. Hariyono M.Pd., dalam sambutannya merasa sangat kagum dengan Yala Rajabhat University sebab mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di kampus tersebut 90% beragama Islam. “Mayoritas mahasiswanya yang beragama muslim, menjadikan keharmonisan terhadap UM. Mengingat budaya maupun mayoritas agama yang dianut oleh mahasiswa atau dosen di UM merupakan beragama islam, sehingga hal ini terdapat keselarasan dengan Thailand khususnya di Yala Rajabhat University” pungkas Rektor UM.

Prof. Hariyono M.Pd., pun juga menyampaikan beberapa alasan kedekatan YRU dengan UM yaitu adanya kedekatan dari kebudayaan maupun agama yang dapat menjadi sebuah awalan untuk menjalin persaudaraan, sehingga kedepan kedua institusi dapat saling memberikan suatu keilmuan yang lebih luas.

“Sebagai kampus pendidikan nomor satu, UM terus menjalin kerjasama di dalam negeri maupun luar negeri, salah satu contohnya menjalin kerjasama dengan YRU yang kedepannya dapat meningkatkan mutu pembelajaran yang ada di UM maupun YRU,” lanjut guru besar bidang sejarah Fakultas Ilmu Sosial UM tersebut.

Dengan adanya jalinan kembali mengenai penerimaan delegasi dan perpanjangan MoU Prof. Hariyono M.Pd., berharap bahwa kedepannya dapat memaksimalkan kerjasama serta kolaborasi dengan mahasiswa maupun dosen di UM melalui pertukaran pelajar atau dosen serta menjalin pengabdian masyarakat bersama secara kolaboratif.

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan sambutan oleh Acting President of YRU Asst. Prof. Dr. Sirichai Namburi, yang mengucapkan terima kasih terhadap UM. “Dengan adanya kegiatan ini dapat menambah relasi dari YRU terhadap UM dalam menjalin sebuah kebersamaan yang berkelanjutan, seperti pertukaran pelajar maupun dosen maupun dalam menjalin kolaborasi keilmuan. Saya ucapkan terima kasih banyak terhadap UM yang dapat memberikan kerjasama secara konkrit dengan YRU,” tutup Acting President of YRU.

Pewarta: Soni Subhan Muttaqin – Internship Humas UM