Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

FEB UAD dan National Dong Hwa University Taiwan Jalin Kolaborasi Strategis

FEB UAD dan National Dong Hwa University Taiwan Jalin Kolaborasi Strategis

FEB Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan National Dong Hwa University Taiwan Jalin Kolaborasi Strategis (Dok. Eka Marcella)

Dalam upaya untuk memperkuat visi, misi, dan kurikulum, serta memajukan upaya penelitian bersama, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Indonesia dan National Dong Hwa University (NDHU) Taiwan melakukan kolaborasi strategis melalui agenda Review of Vision, Mission, and Curriculum, Initiation of Research Collaboration, and Scholarship Socialization pada Senin, 22 April 2024. Kegiatan ini menandai tonggak penting dalam lanskap akademis, yang menjanjikan untuk memperkaya upaya ilmiah dan meningkatkan standar pendidikan.

Dalam agenda tersebut hadir langsung Prof. Yan-shu lin serta Prof. Chia-yu hun dari NDHU yang melakukan peninjauan menyeluruh atas dokumen-dokumen rencana strategis dan kurikulum internasional FEB UAD. Penilaian ini bertujuan untuk dibandingkan dengan standar global, memastikan bahwa FEB UAD tetap berada di garis depan keunggulan akademis. Dengan memanfaatkan wawasan dari berbagai perspektif, UAD dan NDHU berusaha untuk menyempurnakan kerangka pendidikan, menyesuaikan dengan kebutuhan yang berkembang dari mahasiswa dan tuntutan ekonomi global yang dinamis.

Selain itu, dibahas pula inisiasi penelitian bersama sekaligus diskusi tentang potensi kolaborasi penelitian antara NDHU Taiwan dan FEB UAD. Tak hanya itu, kolaborasi ini juga membuka jalan bagi sosialisasi beasiswa yang disampaikan oleh NDHU Taiwan, membina lingkungan akademis yang inklusif sehingga menumbuhkan bakat dan mempromosikan mobilitas akademis. Dengan menyebarkan informasi tentang beasiswa dan program pertukaran yang tersedia, UAD dan NDHU bertujuan untuk memberdayakan mahasiswa dan anggota fakultas untuk mengejar peluang internasional, memperluas cakrawala, dan memperkaya pengalaman pendidikan mereka.

Dalam agenda tersebut dilakukan pula penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) terkait perjanjian kerjasama antara FEB UAD dan NUDH Taiwan. Mengomentari tentang kemitraan ini, Dr. Dini Yuniarti, S.E., M.Si., CIQnR, Dekan FEB UAD, menyatakan antusiasme tentang prospek kolaborasi, ia menyatakan, “Ini adalah kesempatan yang sangat berharga bagi kami untuk memperluas pemahaman tentang visi, misi, dan aktivitas bisnis dan ekonomi kami di tingkat internasional. Selain itu, kita akan membahas inisiasi kolaborasi terbaru dan sosialisasi. Kami percaya bahwa melalui kegiatan ini, kami dapat memperluas jaringan profesional dan pemahaman tentang tuntutan bisnis dan pendidikan, sejalan dengan visi, misi, dan kurikulum kami.”

Ia pun menambahkan, “Saya berharap kita dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya, berdiskusi, dan memulai langkah-langkah selanjutnya. Semoga agenda ini memberikan wawasan baru dan membuka jalan untuk kolaborasi lebih lanjut dengan semua pihak, termasuk dengan NDHU Taiwan. Mari kita lanjutkan momentum pengembangan ekonomi dan bisnis internasional.” Imbuhnya. (eka)

uad.ac.id