Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Grand Launching SMMPTN-Barat 2024, Ayo Daftar!

Grand Launching SMMPTN-Barat 2024, Ayo Daftar!

Serang – Panitia Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Konsorsium BKS-PTN Barat (SMMPTN-Barat) melaksanakan kegiatan Grand Launching SMMPTN-Barat 2024 pada hari Senin, (6/5). Konsorsium PTN yang tergabung pada seleksi mandiri sebagaimana diatur legalitasnya oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia melalui Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 dan perubahan terakhir Permendikbudristek Nomor 62 Tahun 2023.

Kegiatan ini, diawali oleh sambutan dari Ketua BKS PTN-Barat, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos.,M.Si, yang menyampaikan bahwa Kegiatan ini sebagai upaya untuk mempermudah antara konsorsium PTN yang tergabung di wilayah Barat untuk melaksanakan ujian secara lebih mudah. “Jadi pembentukan SMMPTN Barat sejak 2017 ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa di mana pun untuk bisa ikut seleksi mandiri tanpa harus hadir di kampus tujuan, meskipun pada tahun ini diwajibkan di antara prodi yang terpilih tetap harus menjadi base UTBK,” ujarnya.

Ia juga menambahkan mengenai pendaftaran launching ini sengaja disosialisasi lebih awal, yaitu pada 8 Maret 2024. Meskipun demikian bagi yang lulus pada SMMPTN Barat adalah siswa yang belum lulus dari SNBP dan SNBT dari Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). “Kami rencana membuat sosialisasi lebih dahulu agar calon mahasiswa yang belum lulus, bisa memilih Seleksi Mandiri ini,” ucapnya.

Ia juga mengharapkan koordinasi antara Pengurus BKS PTN Barat, panitia SMMPTN Barat, Pokja, dan juga stakeholder lain seperti KPK dan Bank Mitra bisa membuat pelaksanaan Seleksi Mandiri tahun ini lebih baik, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan berlanjut dengan melakukan sesi penandatangan dengan bank mitra yaitu BNI, BTN, Mandiri, dan BSI. Adapun setelahnya setiap perwakilan bank mitra ikut menyampaikan sambutannya yang bermitra dengan SMMPTN-Barat tahun 2024.

Bank Mandiri menyampaikan bahwa pihaknya siap bersedia untuk menjalankan peran mitra bank dengan baik. “Sebagai mitra bank kami akan maju bersama untuk menjalankan peran bank mitra SMMPTN Barat. Bagi kami pekerjaan sebagai bank mitra melakukan sharing dan tidak berdasarkan kalah menang dalam menjalankan peran di SMMPTN Barat,” ujarnya.

Kemudian Bank BTN turut menyampaikan bahwa pihaknya merasa senang karena masih terlibat dalam SMMPTN-Barat 2024 ini. “Kami telah menjadi mitra SMMPTN Barat ini sejak 2017 dan kami senang sekali dapat berpartisipasi pada ide ini. Bahkan kami senang karena sistem bank mitra semakin berkembang dan dibuat secara digital. Kami akan membantu bukan saja pada pendaftaran, tapi juga kedepannya dalam pengelolaan keuangan,” ucapnya.

Kemudian sambutan Mitra bank ditutup oleh Bank BSI yang menyatakan bahwa meskipun mereka baru bergabung tetapi semangat untuk bersinerginya akan memberikan yang terbaik. “Sebagai anak paling bungsu, BSI akan bersinergi untuk memberikan yang terbaik pada pelayanan SMMPTN Barat ini. Pada tahun ini merupakan kepesertaan kami yang kedua,” ucapnya.

SMMPTN-Barat sendiri sudah dibuka pendaftarannya mulai dari tanggal 4 Mei hingga 20 Juni 2024 pukul 16.00 Wib dan untuk biaya pendaftarannya sebesar Rp 375.000. Untuk jadwal pelaksanaan ujiannya akan diselenggarakan pada 27 Juni sampai dengan 5 Juli 2024 dan hasil kelulusannya akan diumumkan pada 9 Juli 2024. (AB/IHS/AAP)