Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Fakultas Hukum UPH Jalin Kerja Sama dengan Witara Cakra Advocates, Persiapkan Kemampuan Mahasiswa Sejak Kuliah

Fakultas Hukum UPH Jalin Kerja Sama dengan Witara Cakra Advocates, Persiapkan Kemampuan Mahasiswa Sejak Kuliah

Memperlengkapi para mahasiswa dengan serangkaian keterampilan telah menjadi komitmen Universitas Pelita Harapan (UPH). Hal ini dibuktikan oleh Fakultas Hukum (FH) UPH yang resmi menjalin kerja sama dengan firma hukum Witara Cakra Advocates (WCA) pada 30 April 2024. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua pihak berlangsung di UPH Kampus Lippo Village, Karawaci, Tangerang yang dilakukan oleh Dr. Velliana Tanaya, S.H., M.H., selaku Dekan FH UPH; serta Kristo Molina, S.H., selaku Association Partner WCA dan Cindy Riswantyo, S.H., L.LM., selaku Partner WCA. 

WCA merupakan firma hukum terkemuka asal Indonesia yang berbasis di Jakarta. Firma hukum ini juga berasosiasi dengan White & Case LLP; yakni firma hukum internasional yang memberikan layanan hukum bagi perusahaan, pemerintah, dan lembaga keuangan.  

“White & Case adalah salah satu firma hukum terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. Kerja sama ini tentu menjadi jembatan untuk membangun relasi bagi mahasiswa-mahasiswa kami, agar mendapatkan wawasan dan pemahaman mengenai law firm lokal bahkan law firm internasional. Kerja sama ini juga menunjukkan bahwa Fakultas Hukum UPH berkomitmen untuk memberikan pembelajaran terbaik bagi mahasiswanya. Kami juga berharap mahasiswa maupun alumni kami dapat bekerja di firma hukum yang besar, sehingga mereka bisa membuat perubahan dan berdampak,” kata Dr. Velliana.  

Kerja sama yang terjalin ini mencakup beberapa aspek penting bagi para dosen maupun mahasiswa hukum, seperti training, kuliah umum, seminar/webinar, workshop, hingga bimbingan/simulasi dalam mengikuti kompetisi nasional maupun internasional.  

Menyambut baik kerja sama ini Kristo Molina menyatakan, “Kerja sama ini merupakan wujud investasi jangka panjang, yaitu melalui komitmen kami untuk mengembangkan kemampuan para mahasiswa yang nantinya akan meniti karier di bidang hukum. Oleh karena itu, kami ingin memperkenalkan, mengajarkan, dan mengembangkan kemampuan para mahasiswa terkait praktik hukum yang relevan. Kami juga berharap, ke depannya mereka mampu memiliki kemampuan untuk bekerja di law firm maupun perusahaan yang terkemuka.” 

Kerja sama ini merupakan upaya FH UPH untuk memberikan pengalaman belajar dan praktik yang nyata kepada mahasiswa melalui jaringan yang luas di dunia industri. Hal ini penting untuk mempersiapkan mahasiswa UPH agar siap berkontribusi dalam dunia kerja nyata setelah lulus. Dengan pendidikan berkualitas, dosen kompeten, jaringan yang luas, dan berbagai kegiatan bermanfaat, mahasiswa FH UPH akan mengalami transformasi untuk menjadi pemimpin masa depan yang berdampak positif.   

Program Studi Hukum UPH   

Hukum UPH akan memperlengkapi para mahasiswa dengan serangkaian keterampilan hukum yang dipadukan dengan integritas pribadi yang kuat untuk meraih keberhasilan dalam berbagai profesi hukum, baik di lingkup nasional maupun global. Kurikulum FH UPH didasarkan pada landasan hukum nasional dan internasional yang kokoh serta riset terkait, agar mahasiswa mampu menguasai pengetahuan hukum dan memiliki kemampuan memecahkan masalah. FH UPH juga selalu memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi baik melalui kegiatan di dalam maupun di luar kelas.