Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Bakti sosial dan bakti lingkungan warnai rangkaian kegiatan wisuda purnasiswa tahun 2022

Kulon Progo, 21 juni 2022

Wisudawan berprestasi bersama ketua LP Ma’arif NU PWNU DIY, Pengawas,Komite Sekolah,Kepala Sekolah dan orang tua masing-masing.

Hal yang berbeda dilakukan oleh SMK Ma’arif 1 Wates Kabupaten Kulon Progo dalam menyikapi Proses Kelulusan siswa kelas XII tahun 2022. Syukuran kelulusan lazimnya hanyadilakukan oleh siswa yang baru saja lulus, tetapi SMK Ma’arif 1 Wates melakukannya dengan melibatkan semua warga sekolah dari Kepala Sekolah, Guru, Karyawan dan semua siswa dari kelas X sampai dengan kelas XII.

Pelepasan peserta sepeda santai dalam rangka Bakti Sosial dan bakti Sosial

Berbagai kegiatan yang di laksanakan antara lain, kegiatan Prosesi Wisuda Purna Siswa dengan nuansa budaya adiluhung yaitu siswa dan guru/karyawan mengenakan busana jawa lengkap, termasuk semua prosesi menggunakan bahasa jawa kromo alus. Kegiatan wisuda ini dilakukan pada Hari Sabtu, tanggal 4 Juni 2022 dan diikuti oleh 340 siswa kelas XII beserta orang tua masing-masing. Hadir dan memberi pengarahan serta pesan dan kesan Ketua Lembaga Pendidik Ma’arif NU PWNU DIY Dr. Tadkiroatun Musfiroh, M.Hum bersama salah satu wakil ketua Ahmad Darmadi, S.Pd.,M.Eng. Bu Itadz Panggilan dari Ketua LP Ma’arif NU DIY yang juga dosen FBPS Universitas Negeri Yogyakarta ini memberikan kesan positif terhadap prosesi wisuda ini dan berpesan kepada wisudawan agar senantiasa ingat dan menjaga nama baik almameter, nama baik LP Ma’arif dan NU dengan selalu berbuat baik, jujur disiplin serta mengamalkan ilmu yang diperoleh dengan maksimal, beliau juga mendoakan agar semua lulusan menjadi orang yang sukses sesuai dengan bidang dan kompetisi keahlian masing-masing.

Kepala sekolah H. Rahmat Raharja, S.Pd.,M.Pd.I menyampaikan bahwa kegiatan wisuda dengan busana jawa ini dimaksudkan untuk memberi pesan dan bekal kepada siswa yang baru lulus agar senantiasa menjadi lulusan yang memiliki keseimbangan kompetensibaik pengetahuan (knowledge) ketrampilan baik hard skill ataupun soft skill , serta attitude yaitu sikap dan karakter dengan pengenalan dan pengamalan ajaran islam Alhusunnah wal jamaah annadhliyah tanpa meninggalkan budaya jawa dan bangsa Indonesia yang adiluhung.

Suasana bakti lingkungan bersih pantai Mlarangan

Acara juga ditandai dengan pemberian kenang-kenangan dan penghargaan kepada siswa lulusan berprestasi baik prestasi akademik, dan yang telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri tanpa tes. Selanjutnya sebagai rangkaian acara di laksanakan Bakti Sosial dengan mebagikan bantuan Sembilan bahan pokok kepada beberapa Panti Asuhan dan Pondok pesantren di Kabupaten Kulon Progo di antaranya : Panti asuhan Darul Aitam dan Pondok Pesantren Al Hidayah , Karangwuluh Temon Kulon Progo. Asuhan KH Rofiudin Muhammad Lutfi Hakim, S.Ag, Pondok Pesantren Nurul Jannah, Sirukem Janten Temon Kulon Progo. Asuhan KH Muhammad Nuyyamin, Pondok Pesantren Nurul Dholam Pengasih. Asuhan Kyai Abdullah Salam, Panti Asuhan As-Shiddiqiyyah, Sermo Hargowilis Kokap Asuhan Kyai Muhammad Tulus.

Bakti sosial di Panti Asihan Ash- Shiddiqiyyah

Kegiatan ini diinisiasi oleh para siswa kelas XII dengan mendatangi silaturohim dan sowan langsung kepada Pengasuh dan Keluarga Besar Pesantren dan Panti Asuhan tersebut, sekaligus memohon doa restu agar ilmu yang diperoleh selama di SMK Ma’arif 1 Wates senantiasa bermanfaat dan barokah. Tidak hanya itu kegiatan bakti sosial  di lanjutkan dan dilengkapi oleh kelas X sambil melakukan kegiatan kepramukaan satuan komunitas dan gugus depan dengan melakukan bakti lingkungan berupa pembersihan lingkungan di Pantai Mlarangan di Kalurahan Pleret Kapanewon Panjatan. Acara di laksanakan pada hari Selasa Tanggal 21 Juni 2022 di ikuti semua guru/karyawan , 344 siswa kelas X dan 75 perwakilan kelas XI. Acara di awali dengan Gowes atau sepeda sehat di lepas oleh Kepala Sekolah dari halaman SMK Ma’arif 1 Wates menuju Pantai Mlarangan dengan menempuh jarak kurang lebih 15 KM. Hadir dalam acara tersebut Lurah dan Perangkat Kalurahan Pleret, Babin Kamtibmas, Babinsa Polsek dan Koramil Panjatan serta Perwakilan Pemuda. Diakhir kegiatan juga dilaksanakan pembagian sembako kepada kaum duafa di kalurahan Pleret yang di pilihkan oleh aparat kelurahan setempat. Kepala SMK Ma’arif 1 Wates H Rahmat Raharja, S.Pd.,M.Pd.I menyampaikan bahwa semua rangkaian kegiatan dimaksudkan untuk merealisasikan perwujudan visi-misi sekolah melalui penerapan 5 karakter siswa yaitu Taat beribadah, Disiplin, Jujur, Tanggung jawab dan Peduli. Kepedulian dan kebersamaan siswa SMK Ma’arif 1 Wates kepada masyarakat dan lingkungan tidak hanya dilakukan ketika lulus tetapi mulai diterapkan dan dibiasakan sejak siswa kelas X sampai dengan lulus kelas XII. Sehingga alumni SMK Ma’arif 1 Wates benar-benar siap terjun langsung di masyarakat dan meneruskan menggapai cita-citanya baik bekerja, melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi maupun berwira usaha, jelas Rahmat yang saat ini juga sebagai Ketua Musyawarah Kerja Kepala SMK (MKKS SMK) Kabupaten Kulon Progo.