Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Tumbuhkan Nasionalisme Siswa dalam Gelaran Sekarsari SMADA

Tumbuhkan Nasionalisme Siswa dalam Gelaran Sekarsari SMADA

SMAD News – Bulan Agustus merupakan bulan yang sakral bagi bangsa Indonesia, tepatnya tanggal 17 merupakan momentum yang paling bersejarah bagi bangsa. Moment tersebut merupakan hari diproklamirkanya kemerdekana Indonesia yang setiap tahun kita peringati.

Setelah merdeka, bukan berarti perjuangan telah berakhir, sebab tantangan dalam mempertahankan dan mengisi hari kemerdekaan semakin kompleks seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karna itu, dibutuhakn jiwa nasionalisme yang kuta yang harus dimiliki seluruh komponen bangsa, terutama generasi muda sebagai pemegang tongkat estafet pembangunan bangsa.

Dalam rangka menumbuhkan jiwa nasionalisme siswa, sehari jelang peringatan ke 77 hari Kemerdeka Republik Indonesia (16/08/2022), SMA Negeri 2 (SMADA) Lumajang menggelar lomba peringatan hari kemerdekaan yang dikemas dalam kegiatan bertajuk Sekarsari. Sekarsari merupakan singkatan dari Semangat Kemerdekaan Satu Hari, maksudnya dalam sehari tersebut kegiatan siswa difokuskan pada kegiatan peringatan hari kemerdekaan.

Sekarsari merupakan acara rutin yang dilaksanakan setiap tahun, yang mengalami perubahan hanya jenis lombanya. Sekarsari tahun ini diisi dengan lomba yang dilaksanakan secara online dan offline. Lomba yang dilaksanakan secara online diantaranya cover lagu Nasional dan After Movie kegiatan sekarsari. Sedangkan lomba yang dilaksanakan secara offline diantaranya Estafet Semarak Agustus (ESA), Mirip Pahlawan Nasional (MIPAN) serta Make Up Tanpa Kaca (MTK).

Bapak Nur Hadi, Wakil Kepala Sekolah bidang Sarpras dalam amanatnya saat apel pembukaan kegiatan Sekarsari menyampaikan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan nasionalisma siswa, mengasah kreatifitas dan keterampilan siswa dan menjaga kekompakan kelas.

Acara Sekarsari tahun ini dilaksanakan mulai pukul 07.00 dan berakhir sampai pukul 03.00 WIB.

(radyd/slamet)