Jumat, 26 April 2024
Sekolah Dasar

Pelantikan Organisasi SD Islam Hidayatullah Semarang

Pelantikan Organisasi SD Islam Hidayatullah Semarang

Oleh: Mei Purwantini, S.Pd., 26 September 2022, 09.58 WIB

Semarang, sdislamhidayatullah.sch.id – Hari Senin, hari yang dinanti oleh sebagian besar siswa siswi SD Islam Hidayatullah.

Bagaimana tidak?

Hari ini, tak sedikit siswa siswi yang akan dilantik sebagai anggota PKS, dokcil, puscil, dan adiwiyata. PKS (Patroli Keamanan Sekolah), dokcil (dokter kecil), puscil (pustakawan kecil), dan adiwiyata (peduli lingkungan).

Tepatnya saat upacara bendera, barisan tak nampak seperti biasanya. Sayap barat lapangan biasanya digunakan untuk barisan anak kelas 3. Berbeda dengan pagi ini, barisan tersebut terpampang jelas muka-muka sumringah para kader yang akan dilantik meski terik memantik. Masyaallah tabarakallah, rasanya pasti bahagia plus deg-degan.

Seperti yang pimpinan sampaikan, Ibu Robiah Peni Raharjanti S.Si., selaku Kepala Sekolah SD Islam Hidayatullah Semarang tercinta, anggota dan kader yang dilantik memiliki tanggung jawab untuk siap menjalankan tugas dan fungsinya dengan maksimal sehingga dapat menjadi contoh. Selain itu, siswa siswi yang termasuk dalam organisasi diharapkan mampu mengajak dan mendorong teman lain untuk turut menjaga segala tata tertib, visi, dan misi sekolah saat ini.

Terdapat 112 kader PKS, 73 kader dokcil, 32 kader puscil, dan 64 kader adiwiyata. Tugas dari masing-masing organisasi yakni:

  1. PKS bertugas untuk siap menjaga ketertiban dan kedisiplinan lingkungan sekolah.
  2. Dokcil bertugas untuk siap menjaga kesehatan di lingkungan sekolah.
  3. Puscil bertugas untuk siap mengajak dan menggerakkan seluruh siswa dalam semangat literasi.
  4. Adiwiyata bertugas untuk siap mengajak seluruh warga sekolah agar peduli lingkungan.

Sebagai tanda kepercayaan dari sekolah, seluruh kader dilantik dengan disematkannya pin pada siswa siswi. Tak ubah, terpancar senyum tipis-tipis dari setiap siswa siswi saat pemasangan pin tersebut. Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan lancar dan seluruh peserta upacara gembira.  

Tentu butuh semangat dan kerjasama yang baik antar warga sekolah supaya seluruh organisasi beserta aktivitasnya dapat terlaksana secara maksimal. Harapannya, seluruh warga sekolah dapat mengaplikasikan aktivitas nyata tersebut tak hanya di sekolah, tetapi juga di rumah dan di mana pun berada. Semoga Allah senantiasa menjadikan anak-anak SD Islam Hidayatullah menjadi generasi penerus bangsa yang berakhlak khairu ummah dan berwawasan lingkungan. Amin.

#HIDA Sehat!
#HIDA Bersih!
#HIDA Aman!
#HIDA Nyaman!
#HIDA Cerdas!
#HIDA Jaya!