Jumat, 09 Desember 2022
Sekolah Menengah Pertama

Romansa Eka Masuk Finalis 30 Besar MRC 2022

Muhammad Dimas Abimanyu dan Muhammad Afif Ramadhan berfoto di depan GOR UNY

Pedan-

Muhammad Afif Ramadhan dan Muhammad Dimas Abimanyu adalah pelajar MTs Negeri 4 Klaten yang tergabung dalam tim Romansa Eka (Robotik MTs Negeri 4 Klaten) yang berhasil menjadi salah satu finalis MRC (Madrasah Robotic Competition) 2022 dengan kategori Inovasi Robot. Mereka berhak mengikuti tahapan seleksi berikutnya pada tanggal 22-23 November 2022 di GOR UNY Yogyakarta.

Tahun 2022 ini adalah tahun pertama bagi MTs Negeri 4 Klaten mengikuti ajang perlombaan Robotik yang diadakan oleh  Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Dalam MRC ini tim Romansa Eka berhasil lolos sebagai finalis 30 besar tingkat nasional di inovasi robotik jenjang MTs. Suatu kesempatan yang luar biasa karena ekstrakurikuler robotik baru ada di MTs Negeri 4 Klaten mulai tahun ini.

Robot inovasi yang dibuat tim Romansa Eka dinamakan Automatic Clothesline Robot (ACR) yaitu robot yang bertujuan membantu masyarakat dalam mengeringkan secara otomatis. Komponen dalam robot ini terdiri dari arduino, sensor hujan, sensor ldr (cahaya), motor dc gearbox 12 volt, buzzer, df player (suara google assistent) dan mekanik alat. Cara kerja dari robot ini adalah jika sensor ldr mendeteksi adanya cuaca mendung maka robot akan menggerakkan jemuran ke tempat yang lebih teduh, dengan dibantu indikator buzzer dan suara google assistent.

Menurut Dimas dan Afif, kegiatan MRC ini sangat menginspirasi. Menurut mereka MRC ini dapat mengembangkan kreatifitas-kreatifitas anak bangsa dan dapat memudahkan dalam melakukan sesuatu. Hal ini dikarenakan dengan mengikuti MRC mereka melihat banyak kreasi robot yang keren. Selain itu ada sponsor-sponsor yang dapat memotivasi untuk membuat robot. Bahkan MRC ini sangat menginspirasi untuk mengembangkan teknologi yang ada di indonesia dan dapat menjadi sarana penyalur pewujudan kreatifitas anak bangsa.

LY